Berita
Oleh Sahlan pada hari Minggu, 25 Sep 2016 - 10:24:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilkada 2017 Ujian Pertama Kepala BIN Baru

38budi-gunawan.jpg
Budi Gunawan (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati mengatakan, gelaran Pilkada serentak 2017 menjadi tantangan pertama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Budi Gunawan resmi dilantik Presiden Joko Widodo menjadi orang nomor satu di lembaga intelijen pada Jumat (9/9/2016).

Menurut Nuning, panggilan akrab Susaningtyas Kertopati, BIN harus memetakan sejumlah wilayah rawan konflik dalam perhelatan Pilkada 2017.

"BIN harus memetakan wilayah lengkap dengan ancaman dan kerawanannnya, serta melakukan cipta kondisi dan cegah dini semaksimal mungkin agar keamanan masyarakat terbangun secara holistik," kata Nuning kepada TeropongSenayan, Minggu (25/9/2016).

Ia juga meminta masyarakat mendukung penuh kebijakan BIN dalam mengamankan Pilkada 2017.

"Kita patut mendukung kebijakan BIN dibawah kepemimpinan Jenderal Pol BG (Budi Gunawan) terkait Pilkada di berbagai daerah, utamanya di DKI," ucapnya.

Budi Gunawan sebelumnya mengatakan, untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada dan meredam ancaman yang berpotensi muncul akan dibentuknya satuan tugas. Pada sisi koordinator, akan dipegang Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu). Posisi BIN sebagai pendukung penyelengara Pilkada.

Ihwal wilayah yang rawan menimbulkan konflik, Budi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan di tiap daerah.

"Pembentukan Satgas Pilkada untuk pengamanan dan pengawasan dengan melakukan deteksi dini dan early warning system akan sangat bermanfaat bagi Pilkada terkait, meskipun koordinasi tetap dibawah KPU dan Bawaslu yang membentuk Sentra Gakkumdu (Sentra Penegakan Hukum Terpadu)," pungkas Nuning.(yn)

tag: #bin  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bacakan Eksepsi, Penasehat Hukum Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur Minta Kliennya Dibebaskan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
MEDAN (TEROPONGSENAYAN) --Tim penasehat hukum terdakwa Robby Messa Nura, satu dari dua terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 tahun 2020 yang merugikan keuangan ...
Berita

Ketum SOKSI Apresiasi Putusan MK dan Ucapkan Selamat Kepada Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga mengapresiasi tinggi amar putusan MK yang menolak permohonan gugatan Paslon 01 Anies -Amin dan Paslon 03 ...