Berita
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 25 Sep 2016 - 11:50:43 WIB
Bagikan Berita ini :
Diduga Banyak yang Tak Layak

YLKI Desak Ahok Audit Semua JPO di Jakarta

97jpo-pasar-minggu.jpg
JPO di Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang roboh pada Sabtu (24/9/2016) kemarin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengevaluasi jembatan penyebrangan oranga (JPO) di Jakarta.

Pada Sabtu (24/9/2016) JPO di Pasar Minggu, Jakarta Selatan roboh yang mengakibatkan sedikitnya tiga orang tewas.

“Audit JPO sangat penting untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi warga Jakarta,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi saat dihubungi, Minggu (25/9/2016).

Menurut Tulus, yang perlu diaudit bukan hanya konstruksi, tetapi seluruh aspek kelaikan, keamanan, dan keselamatannya JPO. Sudah cukup banyak kejadian yang membahayakan terjadi di JPO.

Misalnya, terang dia, sebelum terdapat warga Jakarta yang meninggal karena tersetrum listrik di JPO, dijambret atau ditodong, bahkan aksi kriminalitas lain yang lebih sadis, seperti pembunuhan.

“JPO yang layak dan manusiawi, memenuhi standar keamanan dan keselamatan adalah tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan,” tuturnya.

“Itu sebuah kejadian tragis yang mengindikasikan bahwa sebagai fasilitas publik JPO tersebut tidak memenuhi standar kelaikan, keamanan. dan keselamatan,” ucap Tulus mengomentari robohnya JPO di Pasar Minggu.

Sebelumnya, JPO di depan Robinson Pasar Minggu, Jakarta Selatan, setelah terowongan bawah tanah atau “underpass” ambruk pada hari Sabtu (24/9/2016) sekitar pukul 15.34 WIB.(yn)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...