Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 13 Okt 2016 - 18:38:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Tegas, MUI Nyatakan Netral di Pilkada DKI

18MUI-pusat.jpg
Kantor MUI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan netral dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Oleh karenanya reaksi MUI soal Gubernur Basuki Tjahja Purnama yang mengutip Al-Maidah ayat 51 tidak bisa disamakan sebagai sikap politik.

"Tidak benar secara kelembagaan kami mendukung calon tertentu dalam Pilkada Jakarta. MUI tidak ikut poros mana pun," kata Ketua Umum MUI Maruf Amin dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Dia mengatakan MUI tidak bisa membenarkan pernyataan Ahok soal ayat suci itu karena Ahok tidak seksama menafsirkan surat.

Kendati demikian, Maruf mengatakan MUI tidak melarang anggotanya melakukan aktivitas demokrasi dengan mendukung calon tertentu. Jika anggota MUI mengambil sikap politik tertentu maka itu adalah tindakan pribadi atau bukan sikap organisasi MUI.

"Orang boleh memilih mana saja. Di MUI ini kami warnanya banyak," kata Maruf. Warna yang dimaksudkan petinggi PBNU ini adalah anggota MUI memiliki latar belakang bermacam-macam, termasuk sikap politik.

Wakil Sekjen MUI Tengku Zulkarnain mengatakan Alquran tidak boleh ditafsirkan serampangan. Namun dia tidak setuju dengan menyerahkan tafsir Alquran sebagai hak prerogatif Allah. Sebab, Alquran diturunkan untuk manusia sebagai petunjuk sehingga bagaiman dapat mengetahui kandungan kitab suci jika tidak bisa menafsirkan Alquran.

"Kalau Alquran ditafsirkan Allah saja, maka untuk apa diturunkan?," kata Tengku. (plt/ant)

tag: #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement