Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 22 Okt 2016 - 07:54:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Cak Imin Tegaskan PKB Konsisten Perjuangkan Kaum Santri

18cakimindanPKB.jpg
Muhaimin Iskandar (Sumber foto : Istimewa)

CIREBON (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menegaskan partainya konsisten memperjuangkan pesantren dan kaum santri.

"Insya Allah kami akan istiqamah," kata Muhaimin di hadapan kiai dan ajengan dalam Forum Musyawarah Pondok Pesantren se-Jawa Madura di Pondok Pesantren Babakan, Ciwaringin, Cirebon, Jumat (21/10/2016).

Pada kesempatan itu Muhaimin juga mengapresiasi solidnya hubungan antarpesantren. Menurut dia, persatuan pesantren sangat diperlukan untuk bertukar ilmu dan pengalaman karena setiap pesantren memiliki karakteristik beragam, konsentrasi keahlian majemuk dan keilmuan keagamaan yang berbeda-beda.

Perbedaan itu kemudian dipadukan melalui bahtsul masail untuk membahas masalah keagamaan, hukum Islam, keumatan, bahkan problematika aktual kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan dengan cara atau tradisi khas pesantren.

"Inilah cara pesantren mengkohesikan dirinya, mempersatukan berbagai keragaman mereka dalam sebuah forum yang bernama bahtsul masail," katanya.

Menurut Muhaimin, bahtsul masail juga digunakan di PKB untuk mengambil keputusan dan kebijakan politik. Tak jarang para kiai dan penggerak PKB membahas masalah kekinian, politik, bangsa dan negara dilandasi pandangan berbasis kitab kuning.

"PKB merupakan satu-satunya partai yang sebagian besar langkah dan kebijakan politiknya didasari hasil bahtsul masail. Banyak sekali UU yang diusulkan Fraksi PKB itu berdasar bahtsul masail," katanya.

Dalam kesempatan itu Muhaimin juga "sowan" ke kediaman kiai khos (sepuh) NU KH Mahtum Hanan didampingi ajengan Ponpes Arjowinangun Cirebon KH Hosen Muhammad dan Ketua Dewan Pengurus Wilayah PKB Jawa Barat Dedy Wahidi. (icl/antara)

tag: #pkb  #santri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global,  dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani ...
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...