Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 25 Okt 2016 - 21:19:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Muzani Beberkan Faktor Mangkraknya Pembahasan Sejumlah RUU

15muzanigerindra.jpg
Ahmad Muzani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR Ahmad Muzani mengatakan, mandegnya pembahasan sejumlah rancangan undang-undang (RUU) di DPR karena ketidaksiplinan para wakil rakyat.

Demikian disampaikan Muzani saat menanggapi rendahnya produktifitas anggota DPR RI dalam menghasilkan sebuah undang-undang.

"Ya kalau displin anggota itu problem lama di DPR, memang problemnya kemalasan teman-teman untuk rapat di komisi, sehingga menghambat produktifitas," ujar Sekjen Gerindra ini di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Adapun terkait kehadiran anggota fraksi Gerindra, lanjut dia, fraksinya sudah memberikan instruksi pada anggota fraksinya agar mengikuti setiap rapat-rapat komisi di DPR RI.

"Di Gerindra sendiri kami terus menerus mengingatkan pada para anggota fraksi Gerindra untuk selalu hadir secara fisik di rapat, karena itu bentuk tanggungjawab kepada konstituen, kepada partai dan tentu saja kepada Tuhan," tegas Muzani.

Dengan begitu, lanjut dia, sekalipun anggota DPR tidak bersuara dalam rapat, namun, dengan kehadiran dalam rapat setidaknya bisa sedikit banyak berkontribusi dalam pembahasan sebuah RUU.

"Dia harus hadir secara fisik, meskipun tidak berkontribusi secara pikiran, itu soal kedua, tetapi yang paling penting dia bisa berkontribusi secara fisik, dia harus hadir. Karena absensi anggota DPR itu akan menentukan keabsahan pembahasan, kalau dia tidak ikut ngomong itu soal lain, barangkali dia belum punya ide dan gagasan, tapi yang jelas hadir fisik itu penting. Syukur-syukur ya hadir fisik dan juga memiliki ide-ide dan
gagasan juga," tandasnya.

Untuk itu, kata dia, di Gerindra selalu meminta anggotanya untuk rajin hadir di rapat komisi ataupun paripurna.

"Kemudian tentu yang kedua kita minta teman-teman yang hadir juga mengambil prakarsa dengan ide-ide dan pendapat-pendapat yang bagus," imbuhnya.

Sebenarnya, kata dia, untuk mengatasi persoalan tersebut memang ketegasan ada ditangan ketua fraksi masing-masing.

"Solusinya itu di fraksi, karena fraksi itu memiliki kaitan langsung dan yang bisa menghukum, apakah memindahkan komisi ataupun apa dan seterusnya. Yang memiliki kewenangan untuk memberikan dorongan bahkan memberikan reward dan punishment itu ya fraksi. Jadi yang harus mendorong itu ya tiap-tiap fraksi, kira-kira seperti itu," terang Muzani.

Saat ditanya apakah di fraksinya sudah menerapkan aturan kedisiplinan, Muzani menegasakan sudah.

"Saya selalu terus menerus mendapatkan laporan dari badan kehormatan (MKD), kami selalu mengingatkan mereka-mereka yqng absensinya rendah. Memang masih ada yang absensinya rendah, kami punya datanya. Kemudian kami lakukan pembinaan dan dorongan supaya dia aktif memiliki kesadaran untuk hadir," kata dia.

Ditanya soal metode pembinaannya seperti apa, Muzani mengatakan setiap anggota DPR Fraksi Gerindra yang malas akan ditanya alasan ketidakhadirannya dalam rapat-rapat di komisi.

"Ya kita tanya apa masalahnya kenapa dia jarang hadir, apakah sakit? Apakah ada problem? Sehingga menghambat dia jarang datang, atau ada kesibukan lain apa. Kalau sakit tentu saja kita bisa paham, tapi kalau ada kesibukan lain ya kita ingatkan bahwa dia punya tanggung jawab sebagai anggota dewan, punya tugas konstitusi," tegasnya.(yn)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 15 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...
Berita

Telkom Berkomitmen Bantu Masyarakat Hadapi Era Ekonomi Digital

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku salah satu perusahaan digital telco terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk turut serta membantu masyarakat dalam ...