Berita
Oleh Aris Eko pada hari Selasa, 25 Okt 2016 - 23:59:26 WIB
Bagikan Berita ini :

BPK RI Prakarsai Pedoman Audit Pembangunan Berkelanjutan Dunia

8bpkintosai.jpeg
Presiden Joko Widodo dan Ketua BPK RI Saat Membuka Pertemuan International Organization of Supreme Audit Institutions Working Group on Environmental Auditing (INTOSAI WGEA), Senin (25/10/2016) di Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menawarkan konsep pedoman audit dalam memeriksa kebijakan dan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) atau Sasaran Pembangunan Berkelanjutan secara nasional, regional dan global. Audit yang mempertimbangkan faktor lingkungan dalam pembangunan.

Prakarsa ini diajukan dalam pertemuan International Organization of Supreme Audit Institutions Working Group on Environmental Auditing (INTOSAI WGEA) atau Kelompok Kerja Audit Lingkungan BPK se dunia yang berlangsung di Jakarta 25-27 Oktober 2016 di hotel Fairmont, Jakarta.

"Kami berharap pemerintah menindaklanjuti dan menciptakan sinergi upaya kami mengawasi pelaksanaan SDGs," papar Hary Azhar Azis, Ketua BPK RI saat memberikan sambutan pembukaan pertemuan INTOSAI WGEA, Senin (25/10/2016) di Jakarta. Pertemuan diikuti 115 peserta dari berbagai negara itu.

Mereka adalah berasal dari 48 Supreme Audit Institution (SAI) atau Badan Pemeriksa Keuangan, Australian National University dan empat lembaga internasional yang berada dinaungan PBB yaitu United Nations Environment Programme (UNEP), United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC), United Nations Department of Economic and Social Affairs (UNDESA), dan Convention on Biological Diversity (CBD).

Pertemuan secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo dengan pemukulan gong. Hadir pada acara pembukaan tersebut antara lain Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Negara Pratigno, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang S Brojonegoro dan para anggota BPK RI.

The International Organization of Supreme Audit Institutions Working Group on Environmental Auditing (INTOSAI WGEA) merupakan kelompok kerja audit lingkungan badan pemeriksa keuangan se dunia. WGEA bertujuan membantu badan pemeriksa dalam memperoleh pemahaman yang berkaitan dengan isu audit lingkungan, pertukaran informasi dan pengalaman serta mempublikasikan pedoman audit.

Pertemuan membahas peran aktif BPK dunia dalam mengawal capaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dicanangkan PBB pada September 2015. BPK RI selaku Ketua WGEA menawarkan konsep pedoman audit dalam memeriksa kebijakan dan implementasi SDGs secara nasional, regional dan global.

Selain mendiskusikan isu-isu terkini tentang lingkungan hidup, pertemuan ini juga akan menyetujui realisasi Work Plan WGEA 2014-2016 dan mengesahkan Work Plan 2017-2019. Selain itu, pertemuan tersebut menjadi ajang pengukuhan BPK RI sebagai Ketua WGEA periode 2017-2019.

Pada pertemuan ini, Ketua BPK RI, Harry Azhar akan menyampaikan makalah mengenai peranan BPK dalam capaian SDGs. Ketua Bappenas Bambang S Brodjonegoro bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, dijadwalkan menjadi panelis berkenaan implementasi SDGs di Indonesia dan Multilateral Environmental Agreement (MEA).(ris)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...