Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 29 Nov 2016 - 06:26:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Terbitkan iSantri, Lukman Ingin Jaga Keaslian Kitab Kuning

33lukman.jpg
Lukman Hakim Saifudin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengemukakan peluncuran iSantri, aplikasi pustaka digital untuk santri, merupakan upaya untuk menjaga kelestarian isi kitab kuning yang selama ini menjadi referensi pesantren. Lewat aplikasi iSantri ini, pengawasan terhadap isi kitab kuning menjadi semakin luas.

Pasalnya, dengan aplikasi itu, maka mampu menjaga kemurnian isi kitab-kitab yang dihasilkan oleh ulama-ulama terdahulu yang khazanah keilmuannya tidak kalah luas.

"Kitab-kitab yang isinya sudah dijamin ini, isinya mengalami perubahan. Kami di Kemenag akan membentuk gugus tugas yang bertugas untuk meneliti secara jeli kitab-kitab sehingga pihak-pihak yang berupaya untuk mengubah isinya bisa kita awasi dan waspadai," katanya, Senin (28/11/2016).

Peluncuran aplikasi pustaka digital iSantri dilakukan di kampus Mahad Aly Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin (28/11).

"Aplikasi iSantri merupakan terobosan yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI untuk mendigitalkan isi kitab dan literatur pesantren sehingga seluruh masyarakat, terutama santri dan siswa dapat mengaksesnya tanpa terikat oleh tempat dan waktu karena berbasis internet," kata Lukman.

Ada lebih dari 1.000 judul kitab yang ditampung dalam iSantri ini, bahkan sampai 3.000-an kitab yang teraplikasi. Diharapkan, koleksi ini akan terus bertambah.

Lukman mengungkapkan, bahwa saat ini, ada upaya pengubahan isi kitab khazanah pesantren itu dengan maksud-maksud tertentu yang menyimpang dari maksud asli penulisnya. Karena itu, dia menegaskan, gugus tugas itu akan melaksanakan tugas bekerja sama dengan mahad aly (perguruan tinggi di pesantren) yang memiliki kajian khusus sesuai bidang kajiannya. "Dengan demikian, khazanah ilmu pesantren ini tetap terawat dengan baik," kata dia.

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo KHR Ahmad Azaim Ibrahimy sangat mengapresiasi program yang diluncurkan oleh Kemenag, iSantri. Kiai Azaim menyatakan, saat ini, kecenderungan masyarakat mengutip sebagian pernyataan ulama yang tertuang dalam kitab kuning di pesantren, kemudian diunggah di media sosial untuk disebarkan secara luas.

"Namun kita perlu mempertanyakan asli tidaknya pernyataan atau teks itu, karena saat ini ada upaya-upaya perubahan isi kitab-kitab itu," katanya.

Apa yang terjadi di dunia Islam saat ini, kata Kiai Azaim, salah satunya berasal dari rekayasa konten dari kitab-kitab yang menjadi khazanah pesantren tersebut.

"Ketika kontennya diubah, maka otomatis pembaca terdoktrin dengan perubahan itu. Misalnya makna agama itu damai, tapi kalau diubah agama untuk melakukan kekuatan, ini kan sudah berbeda. Ini yang banyak ditemukan," katanya. (icl/Antara)

tag: #kementerian-agama  #santri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement