Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Senin, 12 Des 2016 - 08:05:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Dia Delapan Tips Aman Menggunakan Gas PGN

1PGN_Pedagang Kue.jpg
Gas bumi yang disalurkan PGN juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga maupun menunjang home industry. (Sumber foto : pgn)

JAKARTA [TEROPONGSENAYAN] – Masih ada sebagian warga masyarakat yang takut memanfaatkan gas untuk mencukupi kebutuhan bahan bakar di rumah tangga. Alasan utamanya karena faktor keamanan.

Padahal, bukankah mengonsumsi gas bumi jauh lebih murah dan hemat jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya seperti minyak tanah maupun elpiji?

Untuk itu, PT Perusahaan Gas Negara [PGN] membuat delapan tips aman menggunakan gas bumi dari jaringan PGN. Pertama, tutup kran gas di dalam dan di luar rumah jika meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

Kedua, periksa kondisi pipa instalasi dan selang fleksibel beserta sambungannya secara rutin. Lalu, ketiga, jauhkan jaringan pipa instalasi gas dari jaringan instalasi listrik di rumah anda.

Keempat, letakkan meteran gas di lokasi yang tidak terhalang oleh barang dan terjangkau petugas pencatat meter. Kelima, peralatan yang menggunakan gas ditempatkan di lokasi yang memiliki sirkulasi udara baik.

Keenam, letakkan ventilasi atau exhaust di bagian atas ruangan. Ketujuh, pasang alat detektor gas untuk mengetahui adanya kemungkinan kebocoran gas. Dan, kedelapan, hubungi PGN Contact Center untuk melaporkan kebocoran gas, berlanganan gas, maupun permintaan informasi lainnya, agar terjamin ketersediaan dan keamanan berlangganan gas dari PGN.

Secara nasional, PGN telah memasok gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

PGN juga terus mendorong upaya diversifikasi bahan bakar kendaraan dari BBM ke bahan bakar gas. Saat ini PGN telah mengoperasikan 7 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), ke 8 SPBG mitra, dan ke 5 MRU (SPBG Mobile).

Sampai saat ini jumlah panjang pipa yang dibangun dan dioperasikan PGN sudah mencapai lebih dari 7.200 km. Jumlah ini setara 78% pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia.

PGN juga terus mendorong upaya diversifikasi bahan bakar kendaraan dari BBM ke bahan bakar gas. ‘’Saat ini PGN telah mengoperasikan 7 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), ke 8 SPBG mitra, dan ke 5 MRU (SPBG Mobile)," kata Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup, di Jakarta, belum lama ini. [b]

tag: #pgn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement