Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 18 Des 2016 - 07:20:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Kualitas Pasir Merapi Nomor Dua di Dunia

14(KabinetKerja)SitiNurbayaIV.jpg
Siti Nurbaya (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya berharap masyarakat sekitar Gunung Merapi menjadi semakin paham akan karakter lingkungannya dan semakin sejahtera kehidupannya. Masyarakat yang semula agraris perlahan kehidupannya bergeser menyusul letusan-letusan masih sering terjadi di Merapi.

Belakangan, masyarakat di sekitar Merapi banyak yang memanfaatkan pasir dari aktivitas gunung berapi tersebut sebagai sumber penghasilan.

"Pasir Merapi dikenal memiliki kualitas nomor satu di Indonesia dan nomor dua di dunia," ujar Siti saat menghadiri penanaman pohon di lereng Gunung Merapi di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, yang diselenggarakan Universitas Gadjah Mada, Sabtu (17/12/2016).

Siti optimistis kehidupan masyarakat yang tinggal di kawasan Gunung Merapi semakin membaik setelah terdera letusan gunung. Apalagi, kini Merapi juga mulai dikembangkan menjadi lokasi wisata.

"Kunjungan wisata alam trennya sejak 2015 terus naik," katanya.

Siti berjanji akan mengawal lanskap akibat letusan-letusan yang masih sering terjadi di Merapi. Untuk pemulihan lahan kritis di lereng Merapi, dia mengpresiasi Universitas Gadjah Mada yang saat dies natalis ke-67 melakukan penanaman pohon di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

"Hal itu sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi 24 juta hektare lahan kritis secara nasional."

Di samping itu, Siti juga mendukung rencana UGM untuk akan menjadikan Gunung Merapi sebagai pusat sains, laboratorium, serta sentra penelitian dan pengabdian. Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan pengabdian, Budi Widodo mengabarkan kampusnya menjadikan Merapi sebagai sekolah gunung.

"Saya mengapresiasi kerja sama UGM dengan para ahli dari Prancis dan Jerman terkait hal tersebut," komentar Siti. (Antara/icl)

tag: #kementerian-lhk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...