Berita
Oleh syamsul bachtiar pada hari Senin, 19 Des 2016 - 11:14:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Sudah Uzur, Anggota DPR Ini Sarankan Hercules Dipensiunkan

71SAifulBahriAnshori.jpg
Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKB Syaiful Bachri Anshori (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKB Syaiful Bachri Anshori mengatakan, sebaiknya TNI menghentikan atau memensiunkan operasional terbang seluruh pesawat jenis C-130 B Hercules. Sebab, usianya sudah lanjut alias uzur.

Syaiful menyampaikan hal itu untuk mencegah terulangnya kecelakaan pesawat Hercules di Papua pada Minggu (18/12/2016). Dalam amatan Syaiful, seluruh armada pesawat Hercules milik TNI menunjukkan kondisi tidak layak terbang. Pangkal masalahnya ada pada faktor usia pesawat yang sudah uzur.

"Nggak usah dipaksakan terbang. Ini kan kesannya dipaksakan. Saya kira aspek keteraturanlah ya. Menurut saya TNI harus evaluasi kelayakan terbang semua pesawat Hercules," tandas dia di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Sangat disayangkan, kata dia, banyak prajurit terbaik Indonesia justru meninggal kecelakaan akibat pesawat yang ditumpanginya rusak. Ia menekankan, tugas penerbangan yang dijalani TNI harus mengandalkan pesawat berfungsi optimal.

Menurutnya, pesawat Hercules merupakan merupakan produk lawas. Lebih dari itu, komponen cadangannya sudah langka di pasaran.

"Suku cadangnya sudah nggak ada kan. Jangan sampai, penerbangan pesawat tidak layak terbang justru merugikan bangsa ini. Berapa perwira sudah yang meninggal. Kasihan," ujarnya.

Sebelumnya, pesawat Hercules milik TNI AU jenis C 130 A-1334 jatuh di Timika-Wamena, di Papua, Minggu (18/12/2016) sekitar pukul 06.05 WIT. Pesawat angkut dengan pilot Mayor Penerbang Marlon tersebut berangkat dari Timika tujuan Wamena, ATD 05.35 WIT, dengan rencana tiba 06.13 WIT.

Pesawat naas tersebut mengangut 13 prajurit TNI. Diantaranya, Mayor Pnb Marlon A Kawer, Kapten Pnb J Hontian F Saragih, Lettu Pnb Hanggo Fitradhi, Lettu Nav Arif Fajar Prayogi, Plt Lukman Hakim, Plt Suyata, Plt Kusen, Serma Kudori, Plt Agung Tri, Pld Agung S, Serma Fatoni, Serda Suyanto, Kapten Roni. (plt)

tag: #kecelakaan-pesawat  #tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...