Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Selasa, 20 Des 2016 - 07:26:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Tangan Soni, Pengesahan APBD DKI Tepat Waktu

62pltgubernurdki.JPG
Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Di bawah kepemimpinan Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono, pengesahan APBD DKI Tahun 2017 terhitung relatif cepat dan tepat waktu.

Hal ini berbeda dengan kondisi saat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memimpin eksekutif dalam menyusun APBD DKI Tahun 2014, 2015 dan 2016 yang selalu molor.

"Menurut saya ini karena DPRD mau diajak kerja keras. Seminggu bisa paripurna dua sampai tiga kali. Jadi kerja sama yang baik inilah kunci utama APBD bisa lebih cepat dan sukses dengan baik," kata Soni usai Paripurna penetapan Perda APBD DKI 2017, di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Sirih, Senin (19/12/2016).

Soni mengapresiasi DPRD DKI yang menurutnya mau mendukung komitmen Pemprov DKI untuk menyelesaikan pembahasan APBD DKI 2017 tepat waktu.

Sementara itu, dalam kapasitasnya sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Soni mengatakan, pengesahan APBD juga merupakan beban yang tengah diembannya. Menurutnya, pemda lain akan melihat proses pengesahan anggran di Jakarta. Dengan pengesahan yang tepat waktu, Soni berharap daerah lain bisa menyontoh kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif di Jakarta sehingga memperlancar proses penganggaran.

"Ingat, Pemerintahan Daerah (Pemda) itu ada kata 'an' di belakangnya, yang artinya ada eksekutif dan legislatif. Jadi, APBD bukan milik eksekutif saja, tapi juga DPRD," ujar Soni.

Diketahui, APBD DKI 2017 sudah disahkan, pada Senin (19/12/2016), dengan nilai Rp 70,19 triliun. Soni mengatakan draf APBD DKI 2017 tersebut diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi pada hari yang sama.

Kemendagri memiliki waktu 15 hari untuk mengevaluasi draft APBD DKI 2016 tersebut.

Soni yakin Kemendagri tidak akan memerlukan waktu lama untuk mengevaluasinya.

"Insya Allah, sebelum ayam berkokok pada 1 Januari, sudah siap digunakan," ujar Soni. (plt)

tag: #pemprov-dki  #plt-gubernur-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...