Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 07 Jan 2017 - 09:05:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Senang Warga Bukit Duri Menang Lawan Ahok di Pengadilan

21wargabukitduri.jpg
spanduk di Bukit Duri (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan keadilan bagi warga Bukti Duri yang digusur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah ditegakkan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta.

"Saya senang dan berharap kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua," kata Anies saat bersosialisasi di kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat, Jumat (6/1/2017).

Menurut Anies, putusan PTUN DKI Jakarta yang mengabulkan gugatan warga Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan harus menjadi pelajaran bahwa melakukan tindakan kepada warga harus berdasarkan prinsip keadilan dan prosedur yang benar.

"Kalau itu dilakukan, Insya Allah warga juga akan bahagia," ujarnya.

Sebelumnya, PTUN DKI Jakarta pada Kamis (5/1) memutuskan mengabulkan gugatan warga Bukit Duri. Dengan putusan tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta memberikan ganti rugi kepada warga yang telah digusur.

Majelis hakim PTUN menilai objek sengketa yang digugat warga telah melanggar hukum, terutama Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah.

Majelis hakim memutuskan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan ganti rugi kepada warga Bukit Duri sebagai akibat dari penerbitan surat peringatan pertama hingga ketiga, penghancuran rumah-rumah warga dan perampasan tanah-tanah warga tanpa kompensasi yang layak.

Penggusuran terhadap warga Bukit Duri dilakukan saat gugatan ini masih berjalan PTUN DKI Jakarta. Sebelum penggusuran pada September 2016, warga mengajukan gugatan ke PTUN terhadap surat peringatan yang diterbitkan Kepala Satpol PP Jakarta Selatan tertanggal 30 Agustus 2016.

Surat tersebut dianggap maladministrasi karena dasar penggusuran adalah Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Padahal, penggusuran dilakukan demi proyek normalisasi Kali Ciliwung. (Antara/icl)

tag: #ahok  #anies-baswedan  #aniessandi  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...