Pabrik Pemasok Suku Cadang Grup Astra Kini Pakai Gas PGN
Oleh Bani Saksono pada hari Senin, 09 Jan 2017 - 12:04:44 WIB

Bagikan Berita ini :

84PGN-ASTRA-BEKASI.jpg
Sumber foto : pgn
Tim sales dari Area Bekasi pun terus meambah hingga kawasan industri M2100, Cibitung, Bekasi.

BEKASI [TEROPONGSENAYAN] – Jaringan pemakai gas bumi PGN terus bertambah. Bahkan hingga ke pabrik di Kawasan Industri MM2100 di Cibitung, Bekasi.

Salah satunya adalah PT Nusa Keihin Indonesia yang merupakan pabrik suku cadang otomotif untuk Grup Astra. "Kami baru saja mengalirkan gas bumi ke pabrik PT Keihin yang berlokasi di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat," kata Sales Area Head PGN Bekasi Bambang Purwanto, Jumat (6/1/2017).

PT Nusa Keihin Indonesia merupakan pelanggan industri PGN yang ke 205 untuk wilayah Bekasi. Jumlah pemakaian gas bumi PGN sekitar 50.000 m3 per bulan.

Bambang menjelaskan, sebelum beralih ke gas bumi PGN, PT Nusa Keihin Indonesia menggunakan bahan bakar LPG (Liquefied Petroleum Gas) dengan konsumsi sekitar 25.000 kg per bulan.

"Alasan kami beralih ke gas bumi karena ingin efisiensi biaya energi, sehingga kami bisa mengembangkan atau ekspansi usaha. Dengan beralih ke gas bumi kami bisa efisiensi sekitar 30%," ungkap Direktur Operasional PT Nusa Keihin Indonesia Anton Silaban menambahkan.

Menurut Vice President Corporate Communication PGN Irwan Andri Atmanto, sebagai BUMN gas, PGN merupakan satu-satunya badan usaha yang menyalurkan gas bumi paling lengkap dan paling besar di Indonesia. PGN menyalurkan gas bumi ke berbagai sektor mulai dari rumah tangga, UKM, usaha komersial (hotel, mal, rumah sakit, rumah makan), industri, pembangkit listrik dan transportasi.

Di Bekasi, Jawa Barat, misalnya, PGN telah menyalurkan gas bumi ke 5.881 rumah tangga, 38 usaha kecil menengah (UMKM), dan 204 industri dan usaha komersil seperti hotel, kafe dan restoran.

Sedangkan secara nasional, PGN sudah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 120.000 rumah tangga. Selain itu juga ke 1.929 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.630 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

"Pipa gas bumi yang dimiliki dan dioperasikan PGN saat ini sepanjang lebih dari 7.200 km atau sekitar 78% pipa gas bumi hilir nasional," tutur Irwan. [b]

tag: #pgn  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Tidak ada Poling untuk saat ini