Ragam
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 10 Jan 2017 - 08:04:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Studi WHO, Kerugian Akibat Rokok Sentuh US$ 1 Triliun per Tahun

1ilustrasimerokok.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JENEWA (TEROPONGSENAYAN) - Merokok menimbulkan kerugian ekonomi global hingga US$ 1 triliun per tahun, dan akan membunuh sepertiga orang lagi pada 2030 dari yang terjadi sekarang. Demikian pernyataan dari studi yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan Institut Kanker Amerika Serikat.

Menurut hasil studi World Health Organization (WHO) dan Institut Kanker Nasional Amerika Serikat yang dipublikasikan Selasa (10/1/2017), kerugian itu jauh melampaui pendapatan global dari pajak tembakau. Niai pajak tersebut meenurut perkiraan WHO sekitar US$ 269 miliar sepanjang 2013 sampai 2014.

"Jumlah kematian terkait tembakau diproyeksikan meningkat, dari sekitar enam juta kematian per tahun menjadi sekitar delapan juta per tahun pada 2030. Lebih dari 80 persen terjadi di negara-negara berpendapatan rendah hingga menengah" menurut hasil studi itu.

Sekitar 80 persen perokok tinggal di negara-negara semacam itu. Meski prevalensi merokok turun dalam populasi global, namun total jumlah perokok meningkat di seluruh dunia.

Para ahli kesehatan mengatakan penggunaan tembakau adalah penyebab tunggal paling besar kematian yang bisa dicegah secara global.

"Itu bertanggung jawab atas, mungkin lebih dari satu triliun dolar AS beban biaya pelayanan kesehatan dan kehilangan produktivitas setiap tahun," kata studi yang sudah diulas oleh lebih dari 70 ilmuwan ahli itu.

Kerugian ekonomi diperkirakan terus meningkat. Meski pemerintah punya perangkat untuk menurunkan penggunaan tembakau dan kematian yang berkaitan dengannya, namun kebanyakan belum banyak menggunakan perangkat-perangkat tersebut secara efektif menurut laporan 688 halaman itu.

"Kekhawatiran pemerintah bahwa pengendalian penggunaan tembakau akan berdampak parah pada ekonomi tidak benar berdasarkan bukti-bukti ini. Ilmunya jelas, sekarang waktunya bertindak," kata laporan itu sebagaimana dikutip kantor berita Reuters. (plt/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...