Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 12 Jan 2017 - 09:42:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Pimpinan MPR Nilai Pernyataan Megawati Timbulkan Dikotomi

5hidayat-ts.jpg
Hidayat Nur Wahid (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada HUT ke-44 PDIP di Jakarta Convention Center (JCC) tengah menjadi sorotan.

Presiden RI ke-5 itu dalam pidatonya menyatakan, "Kalau kamu mau jadi Hindu jangan jadi orang India, kalau kamu mau jadi orang Islam jangan jadi orang Arab, kalau mau jadi orang kristen jangan jadi orang Yahudi".

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menilai, seharusnya Megawati tidak perlu mengeluarkan pernyataan seperti itu, lantaran menimbulkan dikotomi.

Padahal, kata Hidayat, sejatinya Presiden pertama Indonesia Soekarno mencetuskan Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila untuk mengokohkan semangat pluralisme.

"Justru Pancasila itu untuk saling mencintai keberagaman. Karena realitasnya, kita ada Arab, Tionghoa, India, Toraja, Jawa, Sunda, dan Maluku. Bagaimanapun, negara pertama yang mengakui Indonesia merdeka adalah negara-negara Arab," kata Hidayat kepada TeropongSenayan di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

"Rumah di Jalan Pegangsaan Timur 56 tempat Bung Karno dan Bung Hatta Proklamasikan Kemerdekaan RI Itu, ternyata rumah saudagar Arab, Faraj bin Said bin Award Martak. Karena cintanya dengan Republik Indonesia, Faraj akhirnya menghibahkan rumahnya kepada negara Republik Indonesia," paparnya.

Lebih jauh, Hidayat mengungkapkan, kalau founding fathers kemerdekaan Indonesia merupakan orang Arab juga, yakni Abdur Rahman Baswedan. Bahkan, Indonesia bisa diakui oleh dunia internasional hingga sekarang ini berkat bantuan negara Arab.

"Liga Arab membantu Indonesia untuk mendapat pengakuan di dunia internasional. Karena kita berada di Indonesia yang merupakan taman sari keragaman budaya, suku, dan agama. Itu shahih yang tertuang dalam Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika," ungkapnya.

Kendati demikian, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS ini mengaku tetap berbaik sangka terhadap pernyataan Megawati tersebut. Ia melihat, ucapan itu agar semua pihak bisa mencintai tanah air, dan keberagaman itu dijadikan latar belakang yang bisa mengokohkan Bhineka Tunggal Ika .

"Jadi saya husnuzan,mungkin maksud beliau agar lebih mencintai Indonesia. Karena kan Islam itu memang dari Arab, Nabi Muhammad SAW berasal dari Arab, Al Quran yang kita baca juga dari Arab," pungkasnya.(yn)

tag: #megawati-soekarnoputri  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...