Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 12 Jan 2017 - 12:36:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Kuota Haji Indonesia Normal Lagi, Pemerintah Diminta Gerak Cepat Siapkan Visa

39haji.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong menilai, bertambahnya kuota haji untuk Indonesia pada tahun 2017 menjadi 221 ribu, bisa menambah 87 sampai 90 kloter.

Untuk itu, ia meminta pemerintah segera mempersiapkan visa bagi jemaah haji yang sudah terkonfirmasi berangkat pada tahun 2017, enam bulan sebelum keberangkatan ke tanah suci.

"Yang paling penting visa, paspor, dan kepastian by name dan by address. Lalu berapa harga seat, tahun lalu rata-rata Rp 34 juta," kata Ali di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/1/2016).

"Lalu masalah tenaga kesehatan, dan penginapan yang saat ini masih kurang memadai. Ini harus menjadi catatan penting bagi pemerintah. Nanti kita akan dengar pendapat dengan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh, terkait pemberangkatan berdasarkan siapa yang memesan lebih dulu atau berdasarkan usia," jelasnya.

Diketahui, pada 2016, besar kuota haji untuk Indonesia adalah 168.800 atau lebih kecil 52.200 dibandingkan kuota terbaru. Angka tersebut lebih kecil dibandingkan kuota normal dikarenakan pemerintah Arab Saudi tengah melakukan perluasan Masjidil Haram kala itu.

Presiden Joko Widodo menyebut keberhasilan menaikkan kuota haji ini akibat upaya yang dilakukan pemerintah sejak 2015. Sejak 2015, kata dia, pemerintah beberapa kali melakukan pendekatan ke Arab Saudi dari berkunjung ke sana hingga menggelar pertemuan dengan deputi Kerajaan Arab Saudi di Pertemuan G-20 di Hangzhou, Cina.(yn)

tag: #haji  #komisi-viii  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...