Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 18 Jan 2017 - 14:05:20 WIB
Bagikan Berita ini :

KPK Usul Agar Dana Parpol Ditambah

10Alexander-Marwata.jpg
Alexander Marwata (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengusulkan agar ada peningkatan dana partai politik.

Menurut Alexander, peningkatan dana partai politik bisa berdampak pada program rekrutmen yang baik, melaksanakan kode etik politisi, serta memperbaiki tata kelola keuangan partai agar lebih transparan.

"KPK mau atau mengusulkan rekomendasi agar negara membayar, ikut membantu mendanai parpol, peningkatan banntuan keuangan tersebut diprioritaskan untuk menyusun dan melaksnakan program rekutmen dan kaderisasi yang baik, penyusunan dan pelaksanaan kode etik politisi, pelaksanaan pendidikan politik pada masyarakat, pembenahan kelembagaan serta tata kelola keuangan agar parpol menjadi transparan," ujarnya saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara KPK dengan Komisi III DPR RI di gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Menurut kajian KPK, terang dia, peningkatan dana partai politik kalau bisa sebesar 50 persen dari kebutuhan Parpol, dan dilakukan secara bertahap selama 10 tahun.

"Porsi idealnya diusulkan sebesar 50 persen dari kebutuhan parpol berdasarkan baseline tahun 2016. Dengan kenaikan bertahap selama 10 tahun secara proporsional berdasarkan hasil evaluasi kepatuhan parpol khususnya dalam tiga hal tadi, rekutmen, pengkaderan dan etik," terangnya.

"Alokasi bantuan keuangan sebesar‎ 25 persen untuk admintrasi kesekretariatan, ini fix cost. Dan sebesar 75 persen dengan prioritas untuk pendidikan politik dan kaderisasi, pembenahan tata kelola parpol," lanjut dia.(yn)

tag: #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk ...
Berita

Di Akhir Periode Kepengurusan PIA DPR Tetap Jalankan Komitmen Berbagi Pada Sesama

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sebagai bentuk komitmen untuk selalu berbagi berkah, di bulan suci Ramadhan kali ini Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI tetap menggelar pemberian Paket sembako bagi ...