Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 19 Jan 2017 - 05:06:59 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Senang JPMorgan Perbaiki Penilain Peringkat Ekonomi Indonesia

52jhony.jpg
Jhony G Plate (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi XI DPR RI Jhony G Plate mengatakan, dinaikkannya peringkat Indonesia dari peringkat bawah ke netral oleh JPmorgan menunjukkan bahwa iklim investasi nasional dalam keadaan baik.

"Jadi, JP Morgan akhirnya sadar, bahwa penilaian terhadap peringkat Indonesia itu harus didasarkan pada kondisi riil perekonomian Indonesia, yang kini terbukti stabil. Bahkan devisa kita mencapai 116,5 miliar dolar AS, dan neraca perdagangan kita positif. Itu yang harus disadari JP Morgan," demikian anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi NasDem Johnny G Plate pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (18/01/2017).

Menurutnya, kalau JP Morgan mau merubah dengan menaikkan peringkat perekonomian Indonesia, maka akan memberikan dampak terhadap iklim investasi (investment rating), dan soft man rating Indonesia.

"Kalau semua rendah (underweight) dan kini ke netral, itu cukup baik dan secara umum sebetulnya tampak dari peringkat kita dari ‘overweight’ ke ‘netral’. Itu sebetulnya hanya akibat dari kondisi keragu-raguan dan ketidakpastian kebijakan pemerintah Amerika Serikat sebelum Donald Trump dilantik sebagai presiden Amerika Serikat," tandasnya.

Dengan demikian, kata dia, secara umum kondisi fundamental ekonomi Indonesia sudah baik.

"Jadi, penurunan peringkat itu bukan karena kondisi ekonomi domestik saja, melainkan juga karena dampak dari kebijakan politik Amerika Serikat," pungkasnya.

Sebelumnya JP Morgan Chase Bank NA memperbaiki rekomendasi kepada investor terkait pembelian surat utang di Indonesia. Indonesia akhirnya naik level dari underweight ke netral, setelah sebelumnya pada November 2016, JP Morgan membuat Indonesia terjun bebas dari Overweight ke Underweight. (icl)

tag: #komisi-xi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...