Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 19 Jan 2017 - 05:11:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi XI Ingin Tahu Alasan JPMorgan Rubah Penilaian terhadap Indonesia

37jp.jpg
JPMorgan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Langkah JPMorgan menaikkan peringkat Indonesia menjadi netral mendapat pertanyaan banyak pihak termasuk kalangan anggota DPR RI.

"Jangan sampai apa yang telah disampaikan menjadi sebuah cipta kondisi untuk mendapatkan keuntungan atau hal lain yang lebih besar," kata anggota Komisi XI DPR Donny Imam Priambodo di Jakarta, Rabu (17/01/2017).

Politisi Nasdem ini menambahkan pihaknya tidak tahu menahu soal analisa JPMorgan.

"Saya tak bisa menyatakan bahwa JPMorgan tiba-tiba menaikkan atau menurunkan, itu hak dia," ujarnya.

Namun, kata dia, jika lembaga itu memberikan suatu peringkat tanpa legitimasi dari lembaga lembaga peringkat lainnya dalam arti berbeda sendiri, tentunya terjadi misleading terhadap suatu analisa.

"Maka jika sekarang JPMorgan meningkatkan secara tiba-tiba menjadi netral, pertanyaan selanjutnya adalah apakah JPMorgan melakukan anulir, itu harus ada penjelasan resmi dari JPMorgan," tandasnya.

Seharusnya, kata dia, kalau JPMorgan memberikan peringkat lalu berbeda dengan yang lain, harusnya secara profesional memberikan klarifikasi atau penjelasan analisa. Sehingga bisa dipertanggungjawabkan bahwa hal itu kredibel.

"Kalau tidak ada , bagaimana kita bisa mempercayai hal tersebut, jangan-jangan dapat data dari langit, lebih repot lagi," sindirnya.

Sebelumnya, JPMorgan Chase & Co Senin (16/01) telah meningkatkan peringkat saham Indonesia menjadi netral dari sebelumnya underweight. (icl)

tag: #komisi-xi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...