Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Jumat, 20 Jan 2017 - 21:36:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Waduh, 24 Ribu Warga Jakarta Belum Terdaftar di DPT

42pilkadajakarta.jpg
Ilustrasi Pilkada DKI Jakarta (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gelaran Pilgub DKI kurang 25 hari lagi. Namun, hingga kini masih ada sekitar 24 ribu warga DKI yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Demikian disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Moch Sidik dalam diskusi 'Bedah Tuntas Suket dalam Pilgub DKI Jakarta', di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2017).

"Awalnya ada 114 ribu warga yang tak terdaftar. Lalu kita surati satu per satu sehingga jumlahnya turun menjadi 24 ribu orang," katanya.

Meski begitu, kata dia, warga Ibu Kota yang tidak terdaftar dalam DPT tetap bisa menggunakan Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Suket ini memiliki kekuatan hukum berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang daftar pemilih pemilihan tahun 2017," ungkap Sidik.

Sementara terkait DPT di Pilgub DKI, lanjut Sidik, pihaknya telah menyiapkan data berdasarkan DPT Pilpres yang lalu. Namun, bagi warga yang mengalami gangguan jiwa, hilang ingatan, serta pihak yang hak pilihnya dicabut oleh pengadilan, akan dihapus dalam DPT.

"Prinsipnya, kami berkomitmen melindungi hak warga Jakarta yang tidak ada di DPT. Kita beri waktu sampai 1 jam sebelum pencoblosan ditutup," ujar Sidik.
"Jadi, mereka bisa menunjukkan e-KTP atau menunjukkan surat keterangan [suket] dari Dukcapil yang menunjukkan yang bersangkutan betul-betul beralamat di TPS terkait," tandasnya. (plt/b3)

tag: #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...