Ragam
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 22 Jan 2017 - 07:26:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Menarik, Banyuwangi Siapkan Pantai Khusus Perempuan

43pantai.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyiapkan pantai khusus perempuan di Pantai Pulau Pandanan, yang terletak di sisi selatan Pulau Santen, di timur kota Banyuwangi.

"Saat ini sedang dibuatkan konsepnya dan pengelolaannya nanti melibatkan warga setempat, seperti Pulau Merah dulu," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam siaran persnya, Sabtu (21/1/2017).

Menurut dia, di Indonesia saat ini terdapat lebih dari 120 juta perempuan, dan dari jumlah itu ada yang memang butuh destinasi agar nyaman berekspresi dan memiliki privasi.

Anas, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa ini bukan soal diskriminasi atau mengotakkan perempuan, namun karena aspek pemasaran dan prospek pasar wisatawan perempuan secara tren dunia memang terus meningkat.

Dari aspek pasar, kata dia, perempuan mempunyai kekuatan luar biasa dan memengaruhi keputusan kelompok serta keluarganya dalam berbelanja berbagai hal, mulai membeli makanan, mobil, sampai berwisata.

"Ada riset yang menunjukkan bahwa perempuan di seluruh dunia ini memegang kontrol atas belanja hingga 18 triliun dolar AS. Contoh simpelnya, kenyataannya kalau anda suami, kalau mau beli barang pasti selalu minta persetujuan istri," ucapnya.

Mantan anggota DPR RI itu menambahkan, pasar wisatawan perempuan sudah dikerjakan serius di banyak Negara dan model promosi pariwisata terbukti berubah menjadi sangat spesifik.

"Thailand misalnya, memiliki skema khusus Womens Journey. Pada Agustus, di sana ditetapkan sebagai bulan untuk wisatawan perempuan. Club beach khusus perempuan juga laris di negara lain, kebetulan di Indonesia setahu saya belum ada," katanya.

Terkait lokasi, Pulau Pandanan memiliki sayana atau hamparan rumput luas yang juga ditumbuhi pepohonan, bahkan berhadapan langsung dengan Selat Bali.

Tak hanya itu, di kawasan seluas tujuh hektare tersebut akan dibangun fasilitas hiburan, kolam renang, olahraga, mainan anak-anak, dan fasilitas lainnya secara bertahap.

"Anak-anak nanti bisa bermain-main di lapangan terbuka, sementara ibunya menikmati fasilitas lainnya. Ini adalah bagian dari pengembangan wisata keluarga," katanya.(yn/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...