Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 25 Jan 2017 - 13:44:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Sandiaga Tertarik Adopsi Sistem Ekonomi Syariah

25sandi-ekonomi-syariah.jpg
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam diskusi (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Calon Wakil Gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno ingin menerapkan sistem ekonomi syariah pada pemerintahannya di Jakarta nanti, bila terpilih menjadi orang nomor satu di Ibukota nanti.

Alasannya, ia mengaku pernah mengulas sistem tersebut. Bahkan, Islamic Banking menjadi tema tesisnya, ketika berkualiah di George Washington University.

"Kebetulan belum ada yang mengutip, bahwa tesis saya waktu S2 itu islamic banking. Jadi, saya tahu banget konsep-konsep mudharabah (bagi hasil), dimana pembiayaan itu membeli barang sesuai dengan barangnya. Jadi, ada curve-nya (kurva, red), ada di barang itu sendiri," ujarnya dalam diskusi 'Jakarta sebagai Pusat Keuangan Syariah' di Beranda Kitchen, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2017).

Kemudian, bagi hasil keuntungannya juga tidak memberatkan salah satu pihak. Terlebih, bila diberlakukan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Misalkan untuk UMKM, saya modalnya segini, keuntungannya segini. Yuk, kita sepakat dengan konsep itu. Sangat beradilan dan sangat universal," bebernya.

Karenanya, sambung Sandiaga, banyak perusahaan dan aktivis non-muslim yang mengadopsi sistem ekonomi syariah.

Namun, politikus Gerindra ini, gemas, karena Malaysia menjadi negara yang paling banyak menerapkan ekonomi syariah.

"Seharusnya, terbesar itu di Jakarta, karena kita punya pasar yang jauh lebih besar dan konsep keuangan syariah itu universal dan Islam itu konsepnya adalah rahmatan lil alamin, yang kira-kira membawa berkah dan solusi bagi semesta alam," bebernya.

"Jika diberikan kesempatan yang sama, kita mampu hadirkan solusi pembiayaan keuangan bagi UMKM di Jakarta," tukas Sandiaga.(yn)

tag: #anies-baswedan  #aniessandi  #pilkada-jakarta-2017  #sandiaga-uno  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...