Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 10 Feb 2017 - 16:57:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Survei Median: Mayoritas Warga DKI Setuju Ada Aksi Jelang Pilkada

67demo-ahok2.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONSENAYAN) - Media Survei Nasional (Median) telah merilis hasil surveinya tentang 'Aksi Bela Islam' yang digelar beberapa waktu lalu. Hasilnya, sebagian besar warga DKI mendukung aksi yang meminta agar Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dihukum, lantaran menistakan agama.

Menurut Direktur Riset Median Rico Marbun, ketika warga ditanyakan perihal adanya aksi beberapa ormas Islam, seperti FPI yang mengecam penodaan agama oleh Ahok, ternyata hampir 50 persen menyatakan setuju.

"Dalam survei kami menanyakan, apakah anda setuju atau tidak dengan gerakan massa Front Pembela Islam atau FPI yang gencar meminta Ahok dihukum karena dianggap menistakan agama Islam? ternyata jawaban warga sebesar 43.9 persen menyatakan setuju, 29.8 persen menyatakan tidak, dan 26.3 persen menjawab tidak tahu," katanya, Jumat (10/2/2017).

Selain itu, papar Rico, mayoritas warga Jakarta juga setuju soal adanya rencana aksi damai yang digelar sejumlah ormas Islam menjelang pencoblosan Pilkada DKI 2017.
‎‎
"Ketika ditanyakan, jika dalam hari-hari ke depan, menjelang pemilihan gubernur DKI Jakarta, Ormas Islam seperti FPI kembali menggelar aksi damai untuk menolak menistaan terhadap Al-Quran, ternyata 53,6 persen warga setuju, 29 persen tidak setuju, dan 17,4 peren tidak tahu," bebernya.

Rico menambahkan, persepsi warga Jakarta yang bernada positif jika ditanyakan pendapatnya terkait FPI pun cukup signifikan.

"Di dalam survei, kami berikan pertanyaan terbuka, jika disebut nama FPI, apa yang terlintas dalam benak anda? Ternyata ada 34.4 persen komentar bernada positif, 18,3 persen komentar warga bernada negatif, dan memilih nada netral sebesar 7,1 persen," katanya.

Begitu juga, menurutnya, ketika ditanyakan terkait sosok imam besar FPI, habib Rizieq Shihab, ternyata jawaban warga DKI Jakarta yang bernada positif lebih banyak dibanding yang bernada negatif, dan netral.

"Ketika kami berikan pertanyaan terbuka, yaitu jika saya sebut Nama Rizieq Shihab, apa yang terlintas dalam benak anda? 27,1 persen berkomentar positif, 19,8 persen bernada netral, dan 13,3 persen bernada negatif," ungkap Rico.

Survei ini dilakukan pada rentang 29 Januari sampai 2 Februari 2017. Terhadap 800 responden, dengan metode multistage random sampling, dengan margin eror ± 3,4 persen. Pada tingkat kepercayaan 95 persen.(yn)

tag: #aksi-112  #fpi  #habib-rizieq  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement