Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Senin, 13 Feb 2017 - 18:13:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Pakai Gas Bumi PGN, Pabrik Botol Ini 14 Tahun Berhemat

61PGN-PABRIK-BOTOL-SORONG.jpg
Pabrik botol berhemat bahan bakar setelah beralih ke gas bumi PGN. (Sumber foto : PGN)

JAKARTA [TEROPONGSENAYAN] - Sudah 14 tahun lamanya sejak 2003, PT Kangar Consolidated Industries (KCI) menggunakan gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN). Produsen botol kaca ini merasakan penghematan yang cukup besar dari penggunaan gas bumi.

"Kami jadi pelanggan PGN sejak 2003 sampai sekarang. Awalnya kami menggunakan bahan bakar non gas bumi yang residunya sangat tinggi. Tapi sejak menggunakan gas bumi residu tersebut nyaris tidak ada lagi. Lingkungan menjadi lebih sehat," kata Direktur Keuangan KCI Achmad Arifin, di Jakarta, Senin (13/2/2016).

KCI yang beroperasi di Jakarta adalah salah satu dari 79 pabrik di 21 negara di bawah bendera Owen-Illinois, Inc., salah satu produsen wadah kaca terbesar di dunia. Pabrik yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur, ini mampu memproduksi 2,3 juta botol tiap harinya untuk beberapa merek produk makanan, minuman, dan farmasi dan sebagian besar diekspor.

"Selain bersih, penggunaan gas bumi juga memberikan penghematan yang cukup signifikan bagi perusahaan. Dan seluruh pabrik OI (Owen-Illinois) pakai gas bumi," ungkap Arifin.

Sementara itu, Group Head Business Unit Gas Product PGN Wahyudi Anas menambahkan, industri-industri dalam negeri semakin banyak beralih ke bahan bakar gas bumi. "Gas bumi memberikan banyak manfaatnya, bersih, aman, mudah, dan bisa memberikan efisiensi 40%-60% dibandingkan bahan bakar lainnya. Makanya semakin banyak industri kita yang beralih ke gas bumi," ucap Wahyudi.

Dia menambahkan, apalagi pasokan gas bumi dari PGN bisa memasok dalam jangka panjang, hal ini akan memberikan ketenangan dan kepastian pasokan bahan bakar bagi industri.

"Seperti KCI, PGN memasok gas ke pabrik mereka di Cakung, Jakarta Timur sejak 2003, artinya sekitar 14 tahun dan sampai saat ini pasokan gas bumi terus mengalir 24 jam, kepastian pasokan energi ini penting bagi industri," ujar Wahyudi.

Menurut Wahyudi, agar semakin banyak industri dan masyarakat menikmati gas bumi yang bersih dan efisien, PGN terus berkomitmen untuk memperluas jaringan gas bumi di berbagai daerah. "Kami terus melakukan penetrasi pasar di wilayah eksisting, PGN juga melakukan pengembangan infrastruktur gas di wilayah baru seperti Duri-Dumai, Jawa Tengah, Subang-Cirebon, Gresik-Lamongan-Tuban, dan Kediri," tuturnya.

Saat ini, jumlah pelanggan PGN setiap tahun terus meningkat. Saat ini PGN memasok gas bumi ke 1.652 industri besar dan pembangkit listrik, 1.929 pelanggan komersial (hotel, mal, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 204.000 pelanggan rumah tangga.

Sedangkan pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua. [b]

tag: #pgn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement