Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 20 Feb 2017 - 11:05:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Tahun Ini, DPR Dorong Pemerintah tak Pangkas Anggaran

82SetnovVI.jpg
Setya Novanto (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mendorong agar pemerintah bersama-sama DPR memastikan bahwa pada tahun ini tidak akan ada pemangkasan belanja negara, seperti tahun lalu.

Hal ini dikemukakan Novanto pada sambutan pembukaan seminar 'problem defisit anggaran dan strategi optimalisasi penerimaan negara 2017' di gedung DPR, Senin (20/2/2017).

"Tahun lalu pemangkasan belanja negara dilakukan, salah satu pertimbangan karena pemerintah memperkirakan adanya potensi pelebaran defisit hingga 2,7%, jauh melebihi target APBN-P 2016 yang menolak defisit 2,35%," kata Novanto.

Menurut Novanto, permasalah defisit anggaran dari tahun ke tahun selalu berulang, utamanya disebabkan karena target penerimaan negara yang tidak tercapai. Namun demikian, kalau pun pada akhirnya pelebaran defisit anggaran menjadi pilihan, harus dimaknai secara positif yaitu untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

"Perlu saya tegaskan, meski pelebaran defisit adalah pilihan logis untuk mengamankan APBN, tapi itu bukanlah pilihan utama," ucapnya.

Ketua DPR RI ini menggungkapkan seharusnya yang dilakukan pemerintah untuk mengamankan APBN 2017 adalah mencari terobosan bagaimana cara meningkatkan penerimaan negara.

"Tentunya, upaya peningkatan penerimaan negara tersebut tidak kontraproduktif dengan upaya pemerintah dalam memperbaiki iklim investasi," tandasnya. (icl)

tag: #dpr  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...