Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 22 Feb 2017 - 18:21:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadiri Majelis Taklim di Duren Sawit, Anies Ingatkan Ibu-Ibu Soal Ini

71anies-ibu-ibu.jpg
Anies Baswedan menghadiri silaturahmi dengan jamaah majelis taklim Bilalusalam di kawasan Jalan Dermaga Raya, Klender, Jakarta Timur, Rabu (22/2/2017) (Sumber foto : Alfian RIsfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan silaturahmi dengan jamaah majelis taklim Bilalusalam di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Silaturahmi ini dihadiri sekitar 300 jamaah Ibu-ibu.

Dalam sambutannya, Anies mengingatkan kepada jamaah untuk memperbaiki pola asuh kepada anak di rumah. Sebab pembentukan pribadi semua berawal dari pola asuh di rumah yaitu keluarga.

"Kita ingin anak kita sekolah dengan baik. Ingin anak-anak tumbuh dalam suasana yang kondusif untuk menumbuhkan akhlaknya," kata Anies, Rabu (22/2/2017).

Anies mencontohkan mengasuh anak seperti menanam bibit mangga. Bibit mangga akan tumbuh dengan baik bila ditanam di tanah yang subur dengan lingkungan yang baik.

"Anak-anak pun seperti itu. Mendidik di rumah, sekolah dan lingkungan. Kalau kita mendidik dengan benar, anak akan tumbuh dengan baik. Mari kita tumbuhkan akhlak di rumah," ujar Anies.

Saat ini, kata Anies, mengajarkan anak dari lisan saja tidak cukup. Mengajarkan anak dengan memberi contoh karakter dan kebiasaan yang baik.

"Jujur dan sopan itu kebiasaan. Jadi kalau ingin membangun akhlak, dimulai dari kebiasaan. Kebiasaan dimulai dari rumah," tuturnya.

Anies mengatakan pribadi dengan karakter dan akhlak yang baik akan menjadikan anak-anak sebagai sosok yang baik. Anak akan menjadi generasi masa depan yang berkualitas dengan moral dan spriritual.

Anies menuturkan jika pola asuh di keluarga salah, akan berakibat buruk untuk pembentukan pribadi anak di masa depan. Seperti contoh orangtua yang melanggar peraturan lalu lintas dan dilihat oleh anak saat ia mengelipkan sesuatu kepada petugas. "Itu akan mencontohkan kebiasaan yang buruk," paparnya.

Anies mengatakan, hal itu juga berlaku untuk figur seorang pemimpin. Pemimpin harus memberi contoh yang baik kepada warganya. Kebiasaan pemimpin akan menjadi contoh dan contoh itu akan menular.

"Kebiasaan memarahi akan menular. Kalau Bapak dan Ibu memberi contoh kebiasaan yang tidak baik, itu akan menular," ujar mantan rektor Universitas Paramadina ini.

Anies melanjutkan, jika ia terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta, ia akan mengajak orangtua untuk belajar di unit pendidikan keluarga. Saat ini masyarakat luas hanya mengetahui belajar adalah tugas anak.

"Orang tua perlu. Dan kami ingin supaya orang tua ikut perkembangan jaman dan memberi pelajaran yang baik di rumah," pungkas Anies.(yn)

tag: #anies-baswedan  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...