Berita
Oleh Sahlan pada hari Kamis, 23 Feb 2017 - 14:17:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Kata Fahri, Jokowi Keliru Sebut Demokrasi Kebablasan

96DSC_0122.JPG
Fahri Hamzah (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai, pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) keliru jika mengatakan demokrasi saat ini sudah kebablasan.

Sebab, kata Fahri, yang salah saat ini penegakan hukum, bukan demokrasinya.

"Demokrasi itu tidak bisa kebablasan, yang kebablasan itu adalah salah satunya, kalau tidak kebebasan, maka hukumnya," ucap Fahri di Komleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Fahri berpandangan, kebebasan yang anarki jauh lebih baik dari pada otoritarianisme. Karena, lanjut dia, kebebasan yang anarki bisa mengoreksi diri.

"Tetapi kalau otoritarianisme, dimana negara ini mengangkangi kebebasan orang, itu yang berbahaya," paparnya.

Dia menjelaskan, negara bertugas menegakkan hukum dan keadilan. "Makanya saya katakan pidato presiden itu keliru, yang membuat pidatonya itu perlu memahami dalam konsep-konsep dasar dari demokrasi," pungkasnya.

Sebelumnya, Jokowi menyebut praktik demokrasi politik saat ini sudah membuka peluang terjadinya artikulasi politik yang tak biasa. Seperti liberalisme, radikalisme, fundamentalisme, sektarianisme, dan lainnya, yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

"Ini kalau kita terus-teruskan, bisa menjurus pada pecah belah bangsa kita. Saya meyakini ini menjadi ujian kita yang nantinya, kalau ini kita bisa lalui dengan baik, akan menjadikan kita semakin dewasa, akan menjadikan kita semakin matang. Akan menjadikan kita semakin tahan uji, bukan melemahkan," ujar Jokowi saat pelantikan pengurus DPP Hanura di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/2/2017).(yn)

tag: #fahri-hamzah  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 15 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...
Berita

Telkom Berkomitmen Bantu Masyarakat Hadapi Era Ekonomi Digital

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku salah satu perusahaan digital telco terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk turut serta membantu masyarakat dalam ...