Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 23 Feb 2017 - 18:53:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadapi Freeport, Pemerintah Seharusnya Libatkan DPR

31Hary-Purnomo.jpg
Harry Purnomo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VII DPR RI Harry Purnomo menyatakan seharusnya pemerintah mengajak DPR RI untuk mencari solusi dalam kasus PT Freeport. Sebab, masalah inimenyangkut kepentingan nasional yang sangat besar dan berhadapan dengan Amerika Serikat.

"Kita mendukung sikap pemerintah dengan semangat menegakkan undang-undang. Jangan sampai mengingkari UU. Kita juga jangan ribut terus soal salah atau benar, melainkan harus mencari solusi. Bahwa freeport diwajibkan membangun smelter dan divestasi saham 51 persen," kata Harry dalam diskusi bertajuk 'Freeport: Kebijakan Pemerintah dan Ancaman Korporasi' bersama pengamat EWI (Energi Watch Indonesia) Ferdinan Hutahean di gedung DPR Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Menurut Harry, penolakan Freeport membangun smelter tersebut bisa melibatkan industri pertambangan yang lain. Seperti Newmont, Natuna dan sebagainya. Dimana smelter itu nantinya digunakan bersama untuk mengelola hasil tambang.

"Jadi, DPR perlu diajak bicara dan pemerintah tak perlu khawatir karena mayoritas di DPR mendukung pemerintah," ujarnya.

Karena itu, Harry mengingatkan pemerintah agar mengantisipasi berbagai kemungkinan jika Freeport membawa persoalan ini ke arbitrase internasional.

"Kalau kalah apa antisipasinya, dan kalau menang mau bagaimana? Semua harus diantisipasi. Apalagi Freeport kabarnya akan tuntut ganti rugi Rp 500 triliun," pungkasnya.(yn)

tag: #dpr  #pt-freeport  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...