Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 23 Feb 2017 - 20:04:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Bahas DKN, Wiranto Terima Romo Magnis, Muladi dan Masdar Mas'dui

95IMG_20170223_200219.jpg
Menko Polhukam Wiranto (Sumber foto : Istimewa )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto bertemu dengan tiga tokoh masyarakat di Jakarta, Rabu (23/2/2017). Mereka diajak Wiranto untuk membahas rencana pembentukan Dewan Kerukunan Nasional (DKN).

"Kami bicarakan dengan tokoh-tokoh yang punya kharisma, kebijakan, dikenal publik, dan kearifan yang cukup tinggi," kata Wirantousai pertemuan. Tiga tokoh itu adalah Franz Magnis Suseno, mantan Menteri Kehakiman Muladi, dan tokoh Nahdlatul Ulama Masdar Farid Mas'udi.


Wiranto mengungkapkan pertemuan tersebut sebagai salah satu langkah menyiapkan pembentukan DKN. Wiranto menambahkan, pembentukan DKN bukan untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM berat masa lalu. Namun lebih fokus pada proses penyelesaian konflik horizontal di masyarakat.

"Yang pasti tidak seperti yang dituduhkan beberapa LSM, seakan DKN dibentuk khusus untuk melindungi dugaan pelanggaran HAM masa lalu. Bukan seperti itu," ujarnya mantan Panglima ABRI itu.

Wiranto juga mengatakan, pembentukan DKN penting dan strategis untuk penyelesaian konflik masa lalu secara musyawarah. Menurut dia, musyawarah merupakan pilihan pertama pemerintah terhadap upaya penuntasan perkara HAM. Penyelesaian secara yudisial berada di urutan berikutnya.

"Jadi kalau permasalahan di masyarakat ada konflik horizontal, atau masyarakat dengan aparat pemerintah tidak serta merta mengundang aparat penegak hukum, tapi secara nasional ditangani dulu oleh DKN," kata Wiranto.(dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...