Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Jumat, 24 Feb 2017 - 19:35:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Lapor Kecurangan Pilgub, Ratusan Warga Sulbar Akan Geruduk Bawaslu RI

11IYA.jpg
Ketua Forum Masyarakat Peduli Pilkada jujur Sulawesi Barat, Zubair ‎saat jumpa pers di di sebuah rumah makan, di Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2017) (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ratusan warga Sulawesi Barat akan menggeruduk kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat, di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (27/2/2017) awal pekan depan.

Warga yang mengatasnamakan 'Forum Masyarakat Peduli Pilkada Jujur Sulawesi Barat' itu akan menyampaikan aspirasi sekaligus mengadukan setumpuk kecurangan yang dilakukan pasangan calon nomor 3, Ali Baal Masdar-Enny Anggraeni Anwar pada proses Pilgub Sulawesi Barat, 15 Februari 2017 lalu.

"Ada banyak indikasi kecurangan yang dilakukan oleh paslon nomor 3, mulai dari money politik, bagi-bagi sarung, intimidasi, intervensi, menggunakan fasilitas negara, hingga mencatut nama Wakapolri dan Kejaksaan saat kampanye hingga hari pencoblosan. Kami pegang semua bukti-bukti itu," kata Ketua Forum Masyarakat Peduli Pilkada jujur Sulawesi Barat, Zubair ‎saat jumpa pers di di sebuah rumah makan, di Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2017).

Selain itu, kata dia, ada banyak Surat Keterangan (Suket) pengganti e-KTP sebagai syarat memilih yang tidak jelas. Suket yang dimanipulasi berseliweran saat pencoblosan.

"Ada juga warga yang cukup membawa surat pindah kependudukan yang diperbolehkan memilih," beber Zubair.

Atas dasar itulah, kata dia, pihaknya hari Senin pekan depan secara resmi akan mengadu dan sekaligus mendesak Bawaslu RI agar segera bertindak tegas dan menjadi 'wasit' demokrasi yang netral dan profesional sebagaimana diatur dalam Undang-undang.

"Insyaallah, besok (senin siang) kami bersama ratusan warga asal Sulawesi Barat akan mendatangi Bawaslu. Kami berharap pihak-pihak penyelenggara memproses segala indikasi kecurangan itu," katanya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil rekapitulasi KPUD Sulbar pada pemilihan Gubernur Sulawesi Barat, paslon nomor 1, Suhardi Duka-Kalma Katta memperoleh 38,06 persen suara. Paslon nomor 2, Salim S. Mengga-Hasanuddin Mashud 23,24 persen suara dan Paslon nomor 3, Ali Baal Masdar – Enny Anggraeni Anwar sebesar 38,76 persen.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku sudah menerima laporan potensi kecurangan dalam Pilkada 2017. Menurut dia, dugaan kecurangan cukup masif terjadi di Sulawesi Barat.

"Beberapa kecurangan yang ditengarai cukup masif itu di Sulbar (Sulawesi Barat) dan saya sudah minta kepada pejabat gubernur untuk segera diproses," kata Tjahjo di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Komplek Widya Chandra, Jakarta, Rabu (15/2/2017) lalu.

Menurut Tjahjo, kecurangan yang terjadi di Sulbar ialah mencoba melakukan manipulasi data dan politik uang sehingga hal tersebut perlu ditindak tegas bagi penerima uang maupun pemberinya.

"Sanksinya tegas yang menerima juga terkena sanksi berat. Pilkada itu bisa sukses kalau sudah enggak ada politik uang, netralitas, dan ketiga partisipasi, mudah-mudahan partisipasi naik," tutur Tjahjo.‎

Diketahui, pesta demokrasi lokal Sulawesi Barat 2017 itu diikuti tiga pasangan calon kandidat, yaitu paslon nomor urut 1, Suhardi Duka-Kalma Katta yang diusung Partai Demokrat, Hanura, dan PKS.

Sementara paslon nomor urut 2, Mayjend TNI (Purn) Salim S. Mengga-Hasanuddin Mashud, yang didukung oleh Partai Golkar.

Sedangkan, paslon nomor urut 3, Ali Baal-Enny Anggraeni Anwar dengan didukung oleh Partai Gerindra, NasDem, PKB, PAN, PDIP, PPP, dan PKPI.(Icl)

tag: #pilkada-serentak-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...