Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 25 Feb 2017 - 11:39:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Ekonomi Dikuasai Kelompok, Amien Rais : Bagaimana Keadilan Terwujud?      

35IMG_20170225_113758.jpg
Amien Rais (Sumber foto : Istimewa )

AMBON (TEROPONGSENAYAN)-- Mantan Ketua MPR RI Amien Rais mempertanyakan penegakan kedaulatan dan keadilan sosial. Amin pesimis lantaran sumber kekuasaan dan kekayaan saat ini dikuasai oleh sekelompok masyarakat.

"Bagaimana keadilan sosial dapat terwujud, jika yang menguasai hanya sebagian orang saja," kata Amien saat seminar di hari kedua Tanwir Muhammadiyah, Sabtu (25/2/2017) di Islamic Center Ambon, Kota Ambon, Maluku.

Amien yang berbicara tentang Kedaulatan dan Keadilan Sosial dalam Mewujudkan Indonesia Berkemajuan mengatakan, menyikapi keadilan sosial di Indonesia, persebaran kekuasaan dan kekayaan di Indonesia saat ini masih belum merata. Kedaulatan dan keadilan sosial akan terwujud jika penyebarannya merata dan tidak terjadi ketimpangan, baik dalam hal ekonomi maupun politik.

Ia menegaskan, dalam mengedepankan kedaulatan dan keadilan di Indonesia dibutuhkan peran politik. Namun, jika peran politik tersebut disalahgunakan, maka hanya akan membawa kemudharatan daripada kemaslahatan. "Untuk menyeimbangkan politik dalam mewujudkan kedaulatan dan keadilan sosial, maka politik harus didudukkan sesuai dengan porsinya," ujarnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1995-2000 tersebut juga menilai, peran Muhammadiyah dalam politik saat ini harus lebih ditingkatkan. Jangan sampai Muhammadiyah lepas dari politik yang dapat mengancam gerak dakwah Muhammadiyah nantinya.

Amien juga berpesan Muhammadiyah tidak hanya memiliki keinginan untuk berkuasa dalam politik. Tapi, juga harus memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalankan peran politik tersebut. "Jangan haus akan kekuasaan politik semata karena dalam politik tanggung jawab yang besar lebih diutamakan," katanya.(dia/rep)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Di Akhir Periode Kepengurusan PIA DPR Tetap Jalankan Komitmen Berbagi Pada Sesama

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sebagai bentuk komitmen untuk selalu berbagi berkah, di bulan suci Ramadhan kali ini Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI tetap menggelar pemberian Paket sembako bagi ...
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...