Ragam
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 08 Mar 2017 - 12:00:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Ada Pantai Syariah di Banyuwangi, Begini Kata MUI

93images_1488949159538.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi mengapresiasi pengembangan pantai syariah di Pulau Santen, Karangrejo, Banyuwangi, oleh pemerintah kabupaten setempat.

"MUI memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Banyuwangi yang telah mengembangkan pariwisata syariah dengan meresmikan Pulau Santen menjadi wisata Syariah Beach," kata Zainut di Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Dia berharap, wisata Pantai Syariah Pulau Santen dijadikan panutan untuk dikembangkan di daerah lain karena menurut dia kebutuhan masyarakat untuk tempat wisata yang memenuhi ketentuan syariah sangat besar.

"Pemerintah atau pemerintah daerah harus bisa menangkap peluang bisnis ini dalam rangka menggenjot program pariwisata nasional," kata dia.

Menurut dia, pariwisata syariah adalah bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim dengan merujuk kepada ajaran Islam.

Zainut mencontohkan, bentuk pelayanan syariah itu seperti hotel yang tidak menyediakan makanan yang mengandung babi atau minuman yang mengandung alkohol, memiliki kolam renang serta fasilitas spa yang terpisah antara pria dan wanita.

Dia mengatakan transportasi dalam industri pariwisata syariah juga harus memakai konsep islami. Dalam konsep syariah, penyedia jasa transportasi dan biro travel wajib memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim dalam melaksanakan ibadah selama perjalanan.

Pariwisata syariah, kata dia, jika dikelola dengan baik akan menjadi alternatif menjanjikan bagi dunia industri pariwisata Indonesia.

"Banyuwangi dekat dengan Bali yang kini dikunjungi Raja Salman dan rombongan. Tim Raja Salman sebaiknya juga menyeberang ke Banyuwangi, untuk menjajaki peluang investasi bidang pariwisata dan ikutannya, terutama wisata syariah, di kawasan yang tengah tumbuh pesat tersebut," kata dia.(yn/ant)

tag: #mui  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...