Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 10 Mar 2017 - 18:45:45 WIB
Bagikan Berita ini :

LIPI: Pertemuan Jokowi-SBY Turunkan Tensi Politik

65jokowi-sby.jpg
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (9/3/2017) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro mengatakan, pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Kamis kemarin (10/3/2017), menunjukkan komunikasi politik diantara kedua tokoh tersebut telah cair.

"Bagi publik, pertemuan tersebut dipandang positif karena dengan demikian mencairkan komunikasi yang sempat break down. Dampaknya pun positif meredakan tensi politik dan membuat para pendukungnya relatif lega secara politik," ujar Siti saat dihubungi TeropongSenayan, Jumat (10/3/2017).

Menurutnya, pertemuan tersebut merupakan kepentingan SBY. Hal itu terungkap dengan ungkapan SBY yang menyatakan kegembiraan bertemu dengan Jokowi.

"Karena yang paling ingin ketemu Jokowi adalah SBY, maka pertemuan tersebut sangat bermakna bagi SBY," tutur dia.

Dampak lainnya, menurut Siti, adalah konstelasi politik cenderung relatif sejuk. Selain kedua pemimpin tersebut sudah bertemu, pilkada putaran kedua DKI Jakarta tak diikuti oleh Agus Yudhoyono.

"Srategi politik SBY atau Partai Demokrat, meskipun belum dan atau tak secara eksplisit mendukung calon tertentu dalam pilkada putaran kedua, de facto dukungannya cenderung diarahkan ke Anies-Sandy. Karena realitasnya Agus dan Anies relatif memiliki konstituen/pendukung yang sama," ungkapnya.(yn)

tag: #jokowi  #susilo-bambang-yudhoyono-sby  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...