Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 14 Mar 2017 - 08:11:55 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Ingin Kopi Nusantara Jadi Identitas Kebanggaan Dunia

83kopi.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Anggota Komisi IV DPR Akmal Pasluddin menilai, kopi Indonesia perlu menjadi identitas kebanggaan dunia.

Sebab, produk unggulan dari sektor pertanian dan perkebunan ini dapat dikonsumsi oleh seluruh masyarakat, termasuk masyarakat internasional.

"Saat ini kopi merupakan minuman yang sangat umum dikonsumsi masyarakat seluruh dunia tidak mengenal strata ekonomi maupun jabatan di tata kenegaraan. Kopi ini sangat mudah dijumpai baik di pinggir jalan hingga hotel bintang lima. Semua dapat menikmati dengan bebas tanpa batas," kata Akmal kepada TeropongSenayan di Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Akmal pun menambahkan, bahwa keragaman produk kopi sangat banyak di tiap-tiap negara. Di Indonesia saja, lebih dari 30 jenis kopi yang biasanya disesuaikan dari asal daerah kopi itu ditanam. Dengan banyaknya jenis atau ragam kopi yang ada di Indonesia ini, ada beberapa yang kualitasnya sangat bagus.

Sehingga, pemerintah perlu sangat fokus untuk menjadikan produk unggul dari kopi Nusantara dapat dijadikan produk kebanggaan di dunia.

"Saya sebagai anggota Badan Anggaran DPR akan mendorong kepada pemerintah agar kebijakan pemerintah memberikan ruang kepada petani kopi kita untuk dapat mengakses permodalan yang hingga saat ini belum mampu menyentuh petani kopi," ucapnya.

Ketua Kelompok Komisi IV di Fraksi PKS ini menerangkan, bahwa hingga saat ini masih banyak lahan non-produktif karena ditanami tanaman lain agar petani mendapatkan keuntungan sesaat. Padahal, lahan tersebut dapat dialihkan menjadi lahan produktif untuk menanam kopi.

"Sehingga, ini menjadi tantangan pemerintah pada penerapan Undang-Undang RI No.41 tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan yang hingga saat ini masih belum efektif," jelasnya.

Oleh karena itu, Akmal mendorong pemerintah agar fokus pada produk unggulan yang memiliki daya saing di dunia, seperti kopi yang di produksi di Indonesia. Salah satu bentuk fokus pemerintah, yaitu pada pengembangan kopi nusantara sebagai bentuk kebijakan untuk meningkatkan kemampuan petani kopi, baik petani pemilik maupun penggarap lahan kopi.

"Salah satunya adalah mereka dipermudah untuk mengakses modal," imbuhnya.

Ke depan, Akmal menegaskan Poksi IV PKS DPR akan terus mengawal tata niaga produk unggulan seperti kopi ini, agar mendapat pengawasan yang memadai serta keberpihakan pada lapangan kerja di sektor ini dapat berlangsung.

"Sebab, sektor perkebunan merupakan salah satu yang paling banyak menyerap tenaga kerja," tutupnya. (icl)

tag: #komisi-iv-dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement