Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 14 Mar 2017 - 15:09:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Lagi, Saksi Sebut Ahok tak Punya Niat Nistakan Agama

62terdakwae.jpg
Basuki Tjahaja Purnama terdakwa penista agama (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Meski mendapat penolakan dari Majelis Hakim untuk menjadi saksi kedua. Akhirnya saksi ahli pidana dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Edward Omar Sharif Hiariej diperkenankan menjadi saksi keempat dalam kasus dugaan penistaan agama.

Dalam persidangan, Edward memaparkan untuk membuktikan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersalah atau tidak sangat sulit. Sebab, bunyi dari Pasal 156 dan 156 a KUHP mensyaratkan harus ada niat untuk melakukan penistaan agama.

Namun, ia merasa yakin kalau mantan Bupati Belitung Timur tersebut tidak melakukan penistaan agama, melihat respon masyarakat Kepulauan Seribu yang pada saat itu biasa saja.

"Dengan tegas saya katakan (Ahok) tidak memenuhi unsur (dugaan) menodai agama," kata Edward di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Di sisi lain, Edward mempersilahkan agar Majelis Hakim untuk meminta pandangan dari ahli lain, seperti ahli gesture dan agama, guna menguatkan justifikasi apakah Ahok melakukan penistaan agama atau tidak.

"Karena kalo niat yang tahu hanya Tuhan dan pelakunya. Tapi kita harus lihat keadaan sehari-hari orang itu hingga sampai justifikasi," ungkapnya. (icl)

tag: #ahok  #penistaan-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan ...
Berita

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk ...