Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Rabu, 15 Mar 2017 - 10:55:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Gaslink, Distribusi Gas Bumi PGN Tanpa Pipa

83PGN-GASLINK.jpg
Tanpa pipa, PGN mendistribusikan gas bumi ke pelanggan dengan Gaslink (Sumber foto : pgn)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Ini dia inovasi baru PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dalam mendistribusikan gas bumi ke para pelanggannya. Tanpa pipa.

"Pelaku usaha seperti industri menengah, restoran, hotel dan lainnya kini bisa menikmati gas bumi dari PGN yang efisien dan bersih tanpa harus menunggu pembangunan pipa gas," kata Director of Commerce PGN Danny Praditya.

Menurut Danny, PGN melalui anak usaha PT Gagas Energi Indonesia memiliki produk yakni Gaslink. Melalui Gaslink, gas bumi diproses menjadi Compressed Natural Gas (CNG) lalu didistribusikan melalui kendaraan bermotor dan diantar langsung ke pelanggan."Langkah ini sebagai cara PGN untuk mendistribusikan gas bumi untuk wilayah-wilayah yang belum ada pipa gas bumi," kata Danny di Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Soal itu, Direktur Utama Gagas Energi Indonesia Ahmad Cahyadi menjelaskan, sejak awal 2016 Gaslink mulai aktif ditawarkan ke masyarakat. "Saat ini sudah cukup banyak industri, hotel hingga restoran menggunakan CNG Gaslink. Karena pelanggan dapat menghemat lebih dari 20% dibandingkan pemakaian LPG," ungkap Cahyadi.

Dia juga Cahyadi mengungkapkan, beberapa contoh pelanggan CNG Gas link seperti Hotel Dharmawangsa, Hotel Somerset, rumah makan Ayam Goreng Suharti, Top Yammie, Kimia Farma, dan banyak lagi.

"Pelanggan Gaslink memang diarahkan ke usaha komersial baik hotel, kafe dan restoran serta industri-industri skala menengah," ujar Cahyadi. Selain Gaslink, kata Cahyadi, PGN Gagas Energi juga memiliki produk lainnya yakni Gasku. Dengan Gasku, PGN menyediakan pasokan Bahan Bakar Gas (BBG) baik di SPBG maupun dengan Mobile Refueling Unit (MRU) hingga penyediaan converter-kit untuk kendaraan bermotor.

"Dengan Gasku, PGN menawarkan layanan kepada badan usaha milik negara ataupun swasta, instansi pemerintah, pemerintah daerah, dan badan non-profit yang ingin menggunakan BBG untuk kendaraan dinasnya, dapat bekerja sama dengan PGN dari penyediaan kendaraan, penyediaan dan instalasi converter-kit, penyediaan BBG beserta infrastruktur yang dibutuhkan, dan juga after-sales service," jelas Cahyadi.

Danny menambahkan lagi, PGN saat ini telah bertransformasi tidak hanya sebagai perusahaan jasa pendistribusian gas bumi saja, melainkan sebagai perusahaan yang memberikan solusi penyediaan energi terintegrasi di seluruh mata rantai pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

Dengan konsep 360 degree solution, PGN sebagai penyedia solusi terintegrasi pemanfaatan gas bumi yang menyeluruh mulai dari penyediaan gas bumi, solusi infrastruktur gas, utilisasi gas serta jasa pendukung seperti jasa operasi dan pemeliharaan, sistem ICT terintegrasi, layanan engineering dan lainnya. Solusi menyeluruh dalam siklus pemanfaatan gas bumi.

"Sebagai contoh, Hotel Dharmawangsa ingin sekali pakai gas bumi, tapi pipa gas bumi belum sampai ke wilayahnya, maka kami memberikan solusi dengan memasok gas bumi melalui CNG Gaslink dari Gagas Energi Indonesia," tutup Danny. (b)

tag: #pgn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement