Zoom
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 16 Mar 2017 - 18:15:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Pendanaan e-KTP, Mantan Ketua Komisi II Beri Kesaksian Berbeda dengan Gamawan

36Chairuman-Harahap-3.jpg
Chairuman Harahap (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mantan Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap menjadi saksi dalam sidang kasus e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Dalam kesaksiannya, Chairuman menepis bahwa perubahan sumber pendanaan proyek pengadaan e-KTP berasal dari pihaknya saat itu. Keterangan tersebut berbeda dengan pengakuan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi.

"Ini lempar batu dong (soal dana proyek e-KTP)?," kata Hakim Jhon Halasan Butarbutar saat bertanya kepada Chairuman di Pengadilan Tipikor, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Iya. Memang bukan usul kami, tapi (usul) pemerintah (soal pendanaan e-KTP dengan APBN murni)," jawab Chairuhman.

Sebelumnya, Gamawan dalam kesaksiannya hari ini menceritakan bahwa awalnya dana untuk mengadakan proyek itu diusulkan menggunakan pinjaman hibah luar negeri. Namun Gamawan yang saat itu menjabat sebagai Mendagri meminta proyek itu menggunakan uang negara, setelah mendapat usul dari DPR.

"Di situ DPR meminta supaya ini diupayakan dengan anggaran APBN murni," ujar Gamawan saat menjadi saksi, Kamis (16/3/2017).(yn)

tag: #ektp  #korupsi-ektp  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...