Anies Siap Tampilkan Kembali Identitas Pelabuhan Sunda Kelapa
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Minggu, 19 Mar 2017 - 21:29:04 WIB

Bagikan Berita ini :

96IMG-20170319-WA061.jpg
Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan
Anies Baswedan dalam acara 'Doa Bersama Merajut Asa warga Jakarta Utara' di Restoran Sunda Kelapa Batavia, Jakarta Utara Minggu (19/3/2017)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Bagi Mansur Amin, Pelabuhan Sunda kelapa adalah tempat paling bersejarah di Jakarta. Pelabuhan ini menjadi cikal bakal ibukota dan merupakan benteng paling ujung yang merepresentasikan kota Sunda Kelapa.

Namun, menurut pria yang juga menjabat sekretaris Masjid Luar Batang itu, kondisi pelabuhan Sunda Kelapa kini luntur karena pemanfaatan pelabuhan yang komersil. Padahal dia berharap nantinya anak cucunya dapat terus menikmati kejayaan Jakarta lewat pelabuhan Sunda Kelapa.

"Mohon pak, Pelabuhan Sunda Kelapa ini dijadikan pelabuhan heritage karena sekarang sudah sangat komersil dan membuat pelabuhan penuh sejarah ini kehilangan identitasnya," katanya kepada Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara 'Doa Bersama Merajut Asa warga Jakarta Utara' di Restoran Sunda Kelapa Batavia, Jakarta Utara Minggu (19/3/2017).

Menanggapi hal tersebut Anies mengatakan memang berkeinginan menjaga sejarah kota Jakarta. Menurutnya Jakarta bukanlah kota yang dibangun kemarin, melainkan Jakarta telah berjaya sejak ratusan tahun lalu. Sehingga banyak memiliki peninggalan bersejarah.

"Kami ingin agar peninggalan-peninggalan bersejarah di Jakarta itu nampak. Apalagi tadi dibilang kalau ada kapal pinisi yang hampir punah," ujar Anies.

Anies berharap nantinya dia bisa merawat dan menjadikan bukan hanya pelabuhan Sunda Kelapa saja melainkan juga seluruh tempat bersejarah lainnya di Jakarta.

"Kami berencana merawat dan menjadikan tempat ini menjadi salah satu pusat kebudayaan, pusat tujuan wisata, sekaligus juga pusat pembelajaran bagi anak anak kita," tuturnya. (icl)

tag: #aniessandi  #pilkada-jakarta-2017  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dalam beberapa hari terakhir, teror bom mengguncang Tanah Air. Rakyat, pemerintah, dan aparat kaget, terkejut dan terkesima. Marah, kesal, cemas, was-was serta ekspresi sejenis muncul bersamaan.

Harapan akan segera terbitnya revisi UU Anti Terorisme menyeruak di tengah perbincangan publik. Polemik pun turut menghangatkan harapan itu.

Bagaimana pandangan Anda tentang penerbitan revisi UU Anti Terorisme :

  • Perlu, segera terbit
  • Dibahas dan dikaji terlebih dulu
  • Tidak perlu
LIHAT HASIL POLING