Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Minggu, 19 Mar 2017 - 21:29:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Siap Tampilkan Kembali Identitas Pelabuhan Sunda Kelapa

96IMG-20170319-WA061.jpg
Anies Baswedan dalam acara 'Doa Bersama Merajut Asa warga Jakarta Utara' di Restoran Sunda Kelapa Batavia, Jakarta Utara Minggu (19/3/2017) (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Bagi Mansur Amin, Pelabuhan Sunda kelapa adalah tempat paling bersejarah di Jakarta. Pelabuhan ini menjadi cikal bakal ibukota dan merupakan benteng paling ujung yang merepresentasikan kota Sunda Kelapa.

Namun, menurut pria yang juga menjabat sekretaris Masjid Luar Batang itu, kondisi pelabuhan Sunda Kelapa kini luntur karena pemanfaatan pelabuhan yang komersil. Padahal dia berharap nantinya anak cucunya dapat terus menikmati kejayaan Jakarta lewat pelabuhan Sunda Kelapa.

"Mohon pak, Pelabuhan Sunda Kelapa ini dijadikan pelabuhan heritage karena sekarang sudah sangat komersil dan membuat pelabuhan penuh sejarah ini kehilangan identitasnya," katanya kepada Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara 'Doa Bersama Merajut Asa warga Jakarta Utara' di Restoran Sunda Kelapa Batavia, Jakarta Utara Minggu (19/3/2017).

Menanggapi hal tersebut Anies mengatakan memang berkeinginan menjaga sejarah kota Jakarta. Menurutnya Jakarta bukanlah kota yang dibangun kemarin, melainkan Jakarta telah berjaya sejak ratusan tahun lalu. Sehingga banyak memiliki peninggalan bersejarah.

"Kami ingin agar peninggalan-peninggalan bersejarah di Jakarta itu nampak. Apalagi tadi dibilang kalau ada kapal pinisi yang hampir punah," ujar Anies.

Anies berharap nantinya dia bisa merawat dan menjadikan bukan hanya pelabuhan Sunda Kelapa saja melainkan juga seluruh tempat bersejarah lainnya di Jakarta.

"Kami berencana merawat dan menjadikan tempat ini menjadi salah satu pusat kebudayaan, pusat tujuan wisata, sekaligus juga pusat pembelajaran bagi anak anak kita," tuturnya. (icl)

tag: #aniessandi  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...