Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Minggu, 19 Mar 2017 - 23:58:21 WIB
Bagikan Berita ini :
RAT KOSPIN JASA

Luar Biasa, Aset Koperasi ini Capai Rp 7 Triliun

64MENKOP-RAT-KOSPIN-JASA.jpg
Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga memberikan sambutan pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-34 Tahun Buku 2016 Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) Pekalongan,(18/3). Kospin Jasa merupakan koperasi pertama penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR). (Sumber foto : kemenkop)

PEKALONGAN [TEROPONGSENAYAN] – Inilah satu contoh koperasi yang maju pesat usahanya, sangat banyak anggotanya. Itulah Koperasi simpan pinjam [Kospin] Jasa yang berpusat di Pekalongan. Bahkan, yang luar biasa adalah asetnya. Dalam tutup buku 2016, aset Kospin Jasa memiliki aset hingga Rp 7 triliun atau tumbuh 20% dari tahun sebelumnya.

Aset itu meliputi aset konvensional sebesar Rp 5,7 triliun dan layanan syariah Rp 1,3 triliun. Hal itu terkuak dalam laporan Ketua Umum Kospin Jasa Andi Arslan Djunaid dalam Rapat Anggota Tahunan [Kospin Jasa] ke-43 di Pekalongan.

"Kami menargetkan pertumbuhan aset 2017 akan kembali meningkat menjadi Rp 9 triliun dari layanan konvensional dan syariah," kata Andi Arslan Djunaid. Menurut Andi, dari sisi simpanan dan tabungan menunjukkan bahwa layanan konvensional tahun 2016 mencapai Rp 4,9 triliun atau naik dari tahun 2015 yang besarnya Rp 3,5 triliun. Sedangkan dari pinjaman sektor syariah naik dari Rp 938 miliar tahun 2015 menjadi Rp 1,25 triliun pada 2016.

Sedangkan pinjaman yang diberikan lewat layanan konvensional naik dari Rp 3,18 triliun tahun 2015 menjadi Rp 3,8 triliun tahun 2016 atau naik 19,5%. Sedangkan lewat pola syariah tumbuh 22,9% dari Rp 1,08 triliun pada 2015 menjadi Rp 1,3 triliun pada 2016. Tercatat jumlah anggota Kospin Jasa saat ini adalah 18.375 orang.

Saat meresmikan RAT, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengapresiasii keberhasilan Kospin Jasa dalam meningkatkan kinerja selama tahun 2016. Pertumbuhan positif kinerja keuangan Kospin Jasa dapat menambah kepercayaan anggota yang pada akhirnya akan lebih meningkatkan kesejahteraan anggota.

Puspayoga mengatakan dengan kinerja yang baik Kospin Jasa telah mampu menjadi koperasi yang sehat dan mandiri. "Kospin Jasa berhasil membangun sistem IT, kinerja keuangan yang sehat, manajemen yang andal. Karena itu Kospin Jasa berhasil lolos seleksi sebagai koperasi penyalur KUR pertama di Indonesia," kata Menteri dalam sambutannya saat RAT yang dihadiri Walikota Pekalongan Alf Arslan Djunaid.

Dia menegaskan jika koperasi berkualitas sebagaimana harapan anggotanya dapat terwujud, maka kehadiran koperasi akan mampu memperjuangkan kepentingan sosial dan ekonomi anggotanya.

Andi mengemukakan walau ada dinamika ekonomi demikian upaya-upaya meningkatkan kinerja koperasi terus dilakukan. Koperasi, disebutnya, melakukan berbagai inovasi dengan membuat berbagai kemasan produk jasa keuangan yang dibutuhkan amggota. Pihaknya juga terus membuka kantor baru untuk menjaring anggota di seluruh tanah air.

Menurutnya, tantangan 2017 tidak kalah berat, kompetisi semakin tinggi termasuk dengan perbankan. Penurunan suku bunga menjadi salah satu petimbangan yang harus dikaji cermat. Selain itu, peningkatan kualitas SDM jadi tantangan juga apalagi dengan ekspansi Kospin Jasa ke berbagai daerah. [b]

tag: #kementerian-koperasi-dan-ukm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement