Berita
Oleh syamsul bachtiar pada hari Rabu, 22 Mar 2017 - 20:18:26 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Berjuang Ongkos Haji 2017 Turun Lima Persen

88sodik.jpg
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menegaskan, pihaknya tengah berjuang agar Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) 2017 bisa turun lima persen dari BPIH 2016.

Sebelumnya, lanjut dia, pada perundingan BPIH antara Pemerintah dan Komisi VIII DPR RI di Wisma DPR Kopo, Bogor, Senin (20/3/2017), pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) menyodorkan angka Direct Cost atau BPIH sebesar Rp34,968,774 juta. Sedangkan DPR menyodorkan angka Rp33,220,336 juta.

"Turun lima persen dari pengajuan Kemenag karena sedang menurunnya kemampuan ekonomi masyarakat," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Sementara untuk Indirect Cost (penggunaan nilai manfaat dari dana tabungan haji), lanjut Sodik, Kemenag menyodorkan angka Rp 5,554 triliun dan DPR sebesar Rp 5,185 triliun.

"Dasar DPR adalah biaya per jamaah sama dengan biaya tahun lalu, hanya beda faktor pengalinya. Yakni jumlah jamaah tahun 2017 sebesar 204 ribu dan hukum umum dalam bisnis, penambahan jumlah pembelian menurunkan harga," terangnya.

Setelah menggelar sidang intensif selama tiga hari, dua malam, kata Sodik, hingga hari ini, Direct Cost atau BPIH masih pada posisi semula.

"Karena itu malam ini dan besok sampai jam 12 siang, Kemenag akan terus melakukan hitung dan akan negosiasi ulang dengan Garuda dan Maskapai Saudi," ungkapnya. (plt)

tag: #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...