Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Sabtu, 25 Mar 2017 - 06:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kembali Datangi MKD, MAKI Bawa Bukti Foto Setnov dengan Terdakwa Irman

15Setya-Novanto.jpg
Setya Novanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman kembali melaporkan Ketua DPR Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Saat datang ke MKD, Boyamin menyerahkan sejumlah bukti yang menunjukkan bahwa Setnov telah berbohong karena tidak mengakui kedekatan dirinya dengan terdakwa kasus korupsi e-KTP, Irman.

"Ini ada foto yang menunjukan kegiatan di Jambi sudah belakangan pada 2015, tapi (Setnov) menyatakan tidak kenal itu kan sampai 2 minggu yang kemarin, nah ini saya punya foto di akhir 2015 yang menyatakan pak Irman dan Setnov melakukan kegiatan meninjau asap di Jambi ketika pak Irman (menjabat) Plt Gubernur di Jambi," ungkapnya kepada wartawan di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Ditegaskannya, pelaporannya ke MKD tersebut tidaklah berkaitan dengan kasus mega korupsi e-KTP.

Namun, lanjut Boyamin, laporannya itu lebih kepada etika pimpinan DPR yang telah berbohong dengan tidak mengakui kedekatannya dengan seseorang.

"Ini sama sekali tidak terkait dengan proses di pengadilan dan KPK. Sebenarnya ketika jumpa pers dua atau tiga minggu yang lalu (Setnov) menyatakan tidak kenal, ternyata di akhir 2015 pak Irman dan Setnov melakukan kegiatan di Jambi meninjau asap dan pada saat itu saya mendapat bocoran dari orang yang disana mendengar pembicaraan mereka akrab dan bahkan Pak Setnov memuji pidatonya Pak Irman dengan menyebut oh iyalah mantan dirjen," bebernya.

Boyamin menambahkan, dirinya akan setia menunggu dipanggil MKD untuk menjadi saksi di salam persidangan etik Setnov.

"Tadi saya menanyakan juga, kapan dipanggil, katanya ya sabar Pak baru diverifikasi nanti 14 hari, kata saya oh iya sudah. Berdasarkan KUHAP atau hukum acaranya istilahnya 14 hari di verifikasi, nanti kalau kurangnya dipanggil," pungkas dia.

Pada Kamis (16/3/2017) pekan lalu Boyamin telah melaporkan Setya Novanto ke MKD atas dugaan pelanggaran kode etik.(yn)

tag: #ektp  #korupsi-ektp  #mkd  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...