Ragam
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 26 Mar 2017 - 18:27:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Yogyakarta Dilanda Hujan Deras Ekstrem, Ini Penyebabnya

10IMG_20170326_182534.jpg
Ilustrasi hujan deras (Sumber foto : Antara )

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta menyatakan hujan deras di Daerah Istimewa Yogyakarta disebabkan adanya area konvergensi atau pertemuan angin di sebagian besar Pulau Jawa termasuk DIY.

"Area konvergensi itu memicu pertumbuhan awan-awan hujan yang berdampak pada peningkatan intensitas hujan hingga tiga hari mendatang," kata Kepala Kelompok Operasional Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Joko Budiono, di Yogyakarta, Minggu (26/3/2017).

Menurut dia, kemunculan area konvergensi atau pertemuan angin di sebagian besar Pulau Jawa termasuk DIY disebabkan keberadaan "low pressure" atau tekanan udara rendah di Samudra Hindia sebelah barat daya Pulau Jawa dan sebelah utara Australia.

Ia mengatakan sesuai pengamatan yang dilakukan di Stasiun Klimatologi BMKG DIY, curah hujan di DIY saat ini tercatat mencapai 52 milimeter per hari yang masuk kategori lebat.

Sedangkan kecepatan angin mencapai 25 knot atau 27 kilometer per jam. Kondisi itu diperkirakan berlangsung hingga 28 Maret 2017.

"Hujan diprediksi akan terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata dia.

Selain berdampak peningkatan intensitas hujan, ia mengatakan, tekanan udara rendah juga berpotensi menaikkan tinggi gelombang laut. Saat ini tinggi gelombang di perairan selatan Yogyakarta berkisar antara 1,25-2,5 meter, sedangkan di Samudra Hindia gelombang laut bisa mencapai 2,5-4 meter.

Dengan kondisi cuaca tersebut, ia mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin yang mungkin dapat terjadi. "Gelombang tinggi juga perlu diwaspadai nelayan yang hendak melaut," kata dia.(dia/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...