Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 27 Mar 2017 - 19:36:37 WIB
Bagikan Berita ini :
Reklamasi Teluk Jakarta

Pemprov DKI Siapkan Pulau Khusus untuk Nelayan

96luhut2.jpg
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYN) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah provinsi DKI Jakarta berencana menyiapkan pulau khusus untuk nelayan di antara pulau-pulau reklamasi di Teluk Jakarta.

Hal itu disampaikan Luhut setelah menggelar pertemuan membahas penuntasan masalah reklamasi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

"Yang paling penting penempatan nelayan itu sudah dipastikan di satu pulau. Di ujung kiri, sehingga dengan begitu nelayan bisa mudah akses ke laut," kata Luhut di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Senin (27/3/2017).

Mantan Menko Polhukam itu menuturkan rencana memfasilitasi nelayan dalam satu pulau khusus sudah ada sejak awal.

"Memang tadinya ada. Ada satu yang dibayarin oleh semua pengembang," imbuhnya.

Pembangunan fasilitas pulau, lanjut Luhut, akan dibiayai Pemprov DKI dengan tujuan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan nelayan.

"Karena uangnya Pemda dapat, Pemda yang bangunkan. Jadi dibuat oleh Pemda sedemikian rupa bagusnya sehingga nelayan jadi nelayan yang naik kelasnya," ujarnya.

Di pulau tersebut, nantinya akan ada fasilitas seperti rumah susun hingga pasar ikan sehingga memudahkan nelayan memasarkan hasil tangkapannya.

"Saya minta nelayan dibuatkan satu pulau sendiri, ada rumah susunnya, ada fasilitasnya, ada market (pasar) sehingga mereka juga langsung berlayar ke laut yang sudah bersih," jelasnya.

Kendati tak merinci pulau mana yang dimaksud, Luhut mengatakan pulau itu bukanlah Pulau G. Menurut dia, Pulau G yang ditolak para nelayan itu kondisi lautnya kotor.

"Bukan G. Kalau di pulau itu (yang akan dikhususkan untuk nelayan) itu bisa langsung untuk melaut," ujarnya.

Luhut pada September 2016 memastikan proyek reklamasi di Teluk Jakarta akan tetap dilanjutkan. Saat memutuskan proyek reklamasi di Teluk Jakarta. Ia memastikan nelayan tidak akan dirugikan dengan dilanjutkannya proyek reklamasi.

Menurut Luhut, Pemprov DKI Jakarta juga akan menyediakan air bersih dan 1.900 unit kapal nelayan yang dapat berlayar sampai Kepulauan Natuna sebagai fasilitas tambahan. (plt/ant)

tag: #reklamasi-pantai-utara-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...