Berita
Oleh Sahlan pada hari Kamis, 30 Mar 2017 - 13:12:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Dalam Sidang DKPP, Sumarno Jelaskan Pertemuannya dengan Anies

9sumarno.jpg
Sumarno (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang kode etik Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno dan Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti, serta satu Komisioner KPU DKI Dahlia Umar.

Dalam persidangan, pihak pengadu mempersoalkan pertemuan Sumarno dengan calon Gubenur DKI Anies Baswedan di tempat pemungutan ulang (TPU) di Kalibata.

Sumarno mengungkapkan, pertemuan tersebut tidak direncanakan. Saat dirinya meninjau langsung ke TPU Kalibata tak sengaja bertemu Anies yang kala itu meninjau ke tempat pemungutan suara ulang.

"TPS itu persis sebelah kiri kuburan dan di situ sudah ada Anies, tidak elok pergi ke situ untuk menghindar, maka pertemuan tak terhindar. Dalam konteks relasi kemanusiaan, saling menyapa, Anies menanyakan pak ketua sudah sempat tidur, ini pagi saya tidur tapi ini jadwal saya tidur," ucap Sumarno dalam persidangan yang di gelar di Gedung Nusantara IV, DPR, Kamis (30/3/2017).

Lalu, jelas Sumarno, Anies bertanya kepada dirinya mengapa terjadi pengumutan suara ulang (PSU) dan berapa lokasi yang dilakukan pemungutan ulang.

"Saya bilang PSU rekomendasi Bawaslu, Bawaslu melakukan pengusutan suara ulang, di dua TPS 29 Kalibata lalu 01 Kemayoran. Perbincangan sekitar 10 menitan tidak di ruang tertutup, di tengah jepretan wartawan, seputar PSU dan kemudian Anies mohon izin ada agenda lain lalu meninggalkan TPS," terangnya.

Saat itu, kata dia, bukan hanya dirinya yang berada di lokasi TPS Kalibata, melainkan juga ada Ketua Panwaslu dan Bawaslu DKI untuk melakukan pemantauan.

"Seandainya ada calon lain Agus dan Sylvi, Basuki dan Djarot saya pasti melakukan hal yang sama, tidak mungkin saya menghindar kebetulan yang datang pak Anies," ucapnya.

Dalam sidang ini dihadiri oleh pihak teradu, yakni Ketua KPU DKI, Sumarno, Ketua Bawaslu DKI, Mimah Susanti, dan anggota KPU, Dahlia Umar. Para pengadu berasal dari Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi dan Perkumpulan Cinta Ahok (Cinhok).(yn)

tag: #anies-baswedan  #kpu-dki-jakarta  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement