Zoom
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 06 Apr 2017 - 16:18:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Keponakan Novanto Ikut Pengadaan Proyek e-KTP

70setnov1.jpg
Setya Novanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Keponakan Ketua DPR Setya Novanto bernama Irvan Hendra Pambudi Cahyo, yang merupakan Direktur PT Murakabi Sejahtera diketahui ikut dalam pengadaan proyek e-KTP.

"Irvan Hendra Pambudi itu keponakan, yang saya tahu dia jual beli kendaraan," kata Novanto dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (6/4/2017).

"Apakah tahu Irvan juga terlibat e-KTP?," tanya jaksa penuntut umum KPK Taufiq Ibnugroho.

"Tidak tahu," jawab Novanto.

"Tahu Irvan punya perusahaan?," tanya Jaksa Taufiq.

"Hanya tahu belakangan," ucap ketua umum Partai Golkar itu.

"Ini berbeda dengan keterangan Anda dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) menjawab pertanyaan penyidik, Apakah saudara kenal Irvan Hendra Pambudi Direktur PT Mukarabi Sejahtera? Anda menjawab Saya kenal Irvan Hendra Pambudi Direktur PT Murakabi Sejahtera sebagai pemilik perusahaan dari istri saya pertama saudari Lusiana, apakah keterangan ini benar?" tanya jaksa Taufiq.

"Saya tahu dia di media kalau dia salah satu direktur Mukarabi, baru terakhir saya tahu," jawab Setnov.

"Tahu Mukarabi ikut e-KTP?," tanya jaksa Taufiq.

"Tidak tahu," jawab Novanto.

"Apakah tahu Irvan ketua Konsorsoum Mukarabi Sejahtera?," tanya jaksa Taufiq.

"Tidak tahu," tuturnya.

Setya Novanto bersaksi untuk dua terdakwa yaitu mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) pada Dukcapil Kemendagri Sugiharto.

Dalam dakwaan disebutkan proses pelelangan proyek e-KTP akan diarahkan untuk memenangkan konsorsium Percetakan Negara RI (PNRI). Untuk itu dibentuk pula konsorsium Astagraphia dan konsorsium Murakabi Sejahtera sebagai peserta pendamping. Konsorsium Murakabi Sejahtera yang terdiri atas PT Murakabi, PT Java Trade, PT Aria Multi Graphia dan PT Stacopa.

Ketiga konsorsium tersebut dibawa atau berafiliasi dengan Andi Agustinus alias Andi Narogong dan sejumlah pertemuan untuk menyusun pengadaan e-KTP dilakukan di Ruko Fatmawati yang juga dihadiri oleh Irvan.(yn/ant)

tag: #ektp  #korupsi-ektp  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...