Berita
Oleh Sahlan pada hari Selasa, 11 Apr 2017 - 11:59:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Tingkatkan Transparansi Pengelolaan Keuangan Negara, BPK dan APIP Bersinergi

57acara-bpk-sahlan.jpg
Seminar "Sinergi Pemeriksaan Eksternal dan Pengawasan Internal Dalam Rangka Meningkatkan Akuntabilitas dan Transparasi Pengelolaan Keuangan Negara" yang digelar BPK di auditorium BPK, Jakarta, Selasa (11/4/2017). (Sumber foto : Sahlan/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Badan Periksaan Keuangan RI (BPK) dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) bersinergi untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparasi pengelolaan keuangan negara. Sinergi tersebut diharapkan bisa meningkatkan fokus pemeriksaan yang berdampak pada tingkat efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan negara.

Hal ini ditegaskan dalam seminar "Sinergi Pemeriksaan Eksternal dan Pengawasan Internal Dalam Rangka Meningkatkan Akuntabilitas dan Transparasi Pengelolaan Keuangan Negara" yang digelar BPK di auditorium BPK, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN/RB) Asman Abnur dalam kesempatannya itu mengaku bangga dengan adanya keinginan penguatan dalam akuntabilitas dan transparasi pengelolaan keuangan negara.

"Niat sinergi ini sudah menjadi komitmen untuk kita, jadi kalau sudah begini sudah selesai urusannya pengawasan di internal dan ekternal. ini salah satu tekat untuk menyatuhkan kekuatan," kata Asman di Gedung BPK RI.

Kedepanya, Asman ingin BPK menjadi pusat pelatihan dan pengawasan keuangan negara.

"Nanti BPK ini menjadi pusat pelatihan dan pengawasan yang akan kita jadikan pusat nasional dengan melakukan pendidikan bersama," ucapnya.

Sementara Anggota III BPK Eddy Mulyadi Soepardi menjelaskan, hubungan tugas BPK dan APIP adalah dalam menjalankan sinergi untuk pengawasan dan pengelolaan keuangan negara.

"Sinergi BPK dan APIP sebagai upaya meningkatkan manfaat kegiatan pemeriksaan dan pengawasan bagi entitas pengelola keuangan negara, serta pembentukan badan diklat pemeriksaan keuangan negara untuk memfasilitasi sinergi BPK dan APIP tersebut," ucap Eddy dalam kesempatan sama.

Eddy menerangkan, BPK mempunyai peran strategis dalam mendorong pemerintah untuk memformulasikan kebijakan pengelolaan keuangan negara yang lebih transparan dan efektif.(yn)

tag: #bpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...