Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 15 Apr 2017 - 09:55:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Resmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok

75Jalan-Tol-27-5-2016-24.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan jalan tol akses Tanjung Priok yang telah rampung pengerjaannya hari ini, Sabtu (15/4/2017).

Setelah melalui uji beban hingga 44 ton, kini jalan tol yang dibangun dengan dana investasi mencapai Rp 5 triliun ini bakal segera dioperasikan pasca diresmikan oleh Presiden Jokowi siang nanti.

Dalam peresmian itu, Jokowi akan didampingi sejumlah menteri, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Seperti diketahui, tol akses Tanjung Priok merupakan salah satu ruas tol bagian dari sistem jaringan tol Jabodetabek dan terhubung ke tol lingkar luar Jakarta JORR 2. Dibangun sepanjang 11,4 km, tol ini menghubungkan lalulintas dari JORR ke Cawang, Pluit, dan juga langsung ke pelabuhan Tanjung Priok.

Pembangunan Tol Akses Tanjung Priok terbagi dalam 5 paket, yaitu Seksi East 1 (E1) dengan rute Rorotan-Cilincing sepanjang 3,4 km. Seksi East 2 (E2) dengan rute Cilincing-Jampea sepanjang 2,74 km.

Seksi East 2-A (E2A) dengan rute Cilincing-Simpang Jampea sepanjang 1,92 km. Seksi North-South Link (NS Link) dengan rute Yos Sudarso-Simpang Jampea sepanjang 2,24 km.

Proyek yang telah dimulai sejak tahun 2008 silam ini sempat menemui beberapa hambatan, mulai dari pengadaan lahan hingga penggantian puluhan tiang penyangga jalan karena dianggap tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh pemerintah. Pengerjaan penggantian puluhan tiang penyangga tersebut memakan waktu sekitar satu tahun lamanya.

Kontraktor pelaksana dari proyek ini terdiri dari Kerja Sama Operasi (KSO) Indonesia dan Jepang, di antaranya Obayashi Corporation, Kajima Corporation, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.(yn)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...