Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 15 Apr 2017 - 10:16:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Survei IDM: Elektabilitas Anies-Sandi Unggul 12% dari Ahok-Djarot

21anies-tunjukan-data.jpg
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survei soal elektabilitas pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta. Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul 12% dari petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Survei dilakukan 4 hingga 11 April 2017 dengan responden sebanyak 1.421 dari masyarakat Jakarta yang memiliki hak pilih pada pilkada DKI Jakarta putaran kedua nanti.

Hasil survei menunjukkan pasangan Ahok-Djarot dipilih sebanyak 40,82% responden, dan pada pasangan Anies-Sandi sebanyak 52,68%. Sedangkan yang tidak menjawab/rahasia sebanyak 6,5%.

"Dari hasil survei ini dapat tergambar bahwa elektabilitas Anies-Sandi unggul atas Ahok-Djarot dengan selisih mencapai lebih dari 12%," kata Direktur Eksekutif IDM Fahmi Hafel di Jakarta, Jumat (14/4/2017).

Fahmi menjelaskan, hal ini mungkin terjadi karena sebagian besar pemilih Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni pada putaran pertama cenderung memindahkan dukungan kepada Anies-Sandi.

Perpindahan dukungan dari Agus-Sylvi kepada Anies-Sandi dinilai lebih besar daripada ke Ahok-Djarot. Sebab, lanjut Fahmi, baik pemilih pasangan nomor urut 1 tersebut maupun pemilih Anies-Sandi pada putaran pertama, sama-sama menginginkan hadirnya pemimpin baru di Jakarta.

Survei dilakukan dengan sampel dipilih secara random atau acak di lima kotamadya dan satu kabupaten di Jakarta. Metodenya mengunakan teknik multistage random sampling dan derajat kesalahan kurang lebih 2,6% pada tingkat kepercayaan 95%.

Wawancara dilakukan melalui tatap muka dengan instrumen kuesioner yang sudah disiapkan para surveyor Indonesia Development Monitoring.(yn)

tag: #ahokdjarot  #aniessandi  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...