Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 15 Apr 2017 - 11:34:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Masjid Raya Hasyim Asy'ari Diresmikan Jokowi Hari Ini

27masjid-hasyim-asyari.jpg
Masjid KH Hasyim Asyari (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Masjid Raya Hasyim Asy'ari yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI.

Pelaksana tugas Gubernur DKI Sumarsono yang mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Masjid Raya Hasyim Asy'ari sempat mengungkapkan alasan penggunaan nama Hasyim Asy'ari.

"KH Hasyim Asy'ari ini pendiri NU, pahlawan nasional, dengan demikian kita membudayakan tokoh agama, membangkitkan nasionalisme," kata Sumarsono, Sabtu (15/4).

Kelak, lanjut Sumarsono, mungkin masjid-masjid yang akan dibangun dinamai dengan nama-nama tokoh lain, semisal dari Muhammadiyah. Selain itu, ia menuturkan, penggunaan nama KH Hasyim Asy'ari lewat proses pertimbangan panjang, dan dipilih setidaknya dari 27 nama yang diusulkan.

Ia menjelaskan, penamaan itu telah pula lewat koordinasi dengan keluarga KH Hasyim Asy'ari dan sudah lewat surat yang resmi. Menurut Sumarsono, ide itu telah dibahas lalu akhir Maret diberikan izin dan keluarga berterima kasih atas penghargaan kepada KH Hasyim Asy'ari.

"Bahkan, mereka (keluarga KH Hasyim Asy'ari) juga hadir, 17 orang atau lebih, dari Jombang," ujar dia.

Sumarsono turut menilai, penggunaan nama masjid tidak perlu memakai nama yang seperti biasanya, karena memang tidak ada kewajiban. Menurut dia, yang terpenting orang itu patut dihargai, dihormati dan nuansanya baik, seperti KH Hasyim Asy'ari.(yn)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...