Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 20 Apr 2017 - 13:09:05 WIB
Bagikan Berita ini :

JK dan Wapres AS Bahas 5 Sektor Bilateral Strategis

71pence-wapres-as.jpg
Presiden Jokowi menyambut Wapres Amerika Serikat, Michael Richard Pence, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4/2017) (Sumber foto : Rumgapres)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Amerika Michael Pence akan membahas lima bidang kerja sama bilateral strategis.

"Dalam kunjungan Wakil Presiden ini kita berbicara bagaimana mengintensifkan kerja sana kita dalam konteks kemitraan strategis yang sesuai dengan fokus-fokus kepentingan kedua negara," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Lima bidang kemitraan strategis tersebut, yakni peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi, maritim, penanggulangan terorisme, peningkatan saling pengertian dalam toleransi beragama dan nilai Islam moderat, serta keberlanjutan keterlibatan AS di Asia-Pasifik, khususnya Asia Tenggara.

Menurut Menlu Retno, kerja sama bidang ekonomi dan energi akan menjadi topik utama pembicaraan dalam pertemuan bilateral tersebut.

"Kerja sama ekonomi dan energi, antara lain, merupakan sektor penting dalam kerangka kemitraan strategis," kata dia.

Di tingkat kawasan, Menlu Retno mengatakan kunjungan Wapres Pence ke Sekretariat ASEAN di Jakarta cukup dapat menunjukkan komitmen AS.

"Kunjungannya ke ASEAN nanti menunjukkan komitmen Amerika pada kawasan ini dan itu cukup kita apresiasi," kata dia.

Wapres Jusuf Kalla dan Wapres Pence akan melakukan pertemuan bilateral di Istana Wakil Presiden, Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis, sekitar pukul 12.30 WIB.

Selain Menlu Retno, hadir pula dalam pertemuan bilateral Wapres RI dan Amerika Serikat, antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.(yn/ant)

tag: #amerika-serikat  #jusuf-kalla  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...